The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Apple Watch, Ternyata Ini Smartwatch Pertama di Dunia!
Jam tangan Ruputer Pro buatan Seiko (photo/YouTube/Time Tripper)
Tech

Bukan Apple Watch, Ternyata Ini Smartwatch Pertama di Dunia!

Kamis, 11 Juni 2020 14:28 WIB 11 Juni 2020, 14:28 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini Apple Watch memang menjadi smartwatch yang paling populer di seluruh dunia. Namun kalau kalian berpikir bahwa Apple merupakan perusahaan yang pertama kali memperkenalkan smartwatch, maka kalian salah besar!

Pasalnya pada tanggal 10 Juni 1998 silam, salah satu perusahaan jam tangan terkenal asal Jepang yaitu Seiko telah memperkenalkan sebuah produk yang diberi nama Ruputer.

Ruputer sendiri awalnya disebut sebagai komputer mini yang hadir dalam bentuk jam tangan. Awalnya tidak ada yang menyebut perangkat ini dengan nama smartwatch seperti sekarang ini.


Ruputer sendiri pun hadir dengan bentuk yang cukup mirip seperti smartwatch saat ini. Dimana perangkat tersebut hadir dengan layar berbentuk kotak. Namun untuk Ruputer, perangkat ini masih hadir dengan prosesor 16-bit 3,6 MHz dengan kapasitas memori 512 KB dan sudah termasuk RAM sebesar 128 KB.

Perangkat tersebut pun dapat digunakan untuk menampilkan banyak hal. Namun pengguna dari perangkat ini harus mengerti konsep bahasa pemrograman C untuk dapat menghadirkan fitur yang lebih beragam di jam tangan pintar ini.

Yang membuatnya lebih menarik adalah perangkat tersebut juga tidak perlu dihubungkan ke ponsel untuk dapat digunakan. Pengguna nantinya dapat membuat pengingat, memo, dan menggunakan kalkulator secara langsung dengan Ruputer.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US