Facebook Benahi Tata Letak Feed, Taktik Tarik Pengguna Lebih Muda

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 05:11 WIB
Sebuah smartphone dengan logo Facebook terlihat di depan tampilan logo Meta. Ilustrasi ini diambil 28 Oktober 2021. (REUTERS/DADO RUVIC)
Sebuah smartphone dengan logo Facebook terlihat di depan tampilan logo Meta. Ilustrasi ini diambil 28 Oktober 2021. (REUTERS/DADO RUVIC)

Facebook yang merupakan salah satu jejaring sosial milik raksasa teknologi Meta mengumumkan, saat ini pihaknya tengah membenahi tata letak laman umpan, feed, di aplikasinya sebagai taktik menarik lebih banyak pengguna berusia muda.

Nantinya pengguna akan lebih mudah mendapatkan konten-konten baru dan tidak lagi diprioritaskan melihat unggahan-unggahan dari akun yang diikutinya.

Reuters melansir pada Jumat, memang dalam beberapa waktu terakhir para Eksekutif Meta meminta agar produk "Reels" serta inovasinya bisa ditingkatkan karena terbukti menggaet lebih banyak pengguna usia muda.

Baca juga: Semakin Mirip TikTok, Semua Video di Instagram akan Diubah Jadi Reels

Pada bagian "Home" di Facebook pengguna, nantinya akan banyak unggahan populer dari berbagai akun-akun di seluruh dunia yang disesuaikan dengan minat pengguna Facebook.

Cara tersebut mirip seperti sistem "For Your Page" atau "FYP" dari pesaing Facebook yaitu TikTok.

Selain pembaruan sistem "Home", Facebook akan menghadirkan "Feed" sebuah tab baru dan terpisah agar pengguna bisa melihat unggahan-unggahan dari akun yang berteman atau diikuti secara aktif oleh pengguna.

Di dalam "Feed" pengguna akan melihat unggahan yang ditampilkan secara kronologis mengenai aktivitas teman ataupun orang yang diikutinya.

Perusahaan media sosial di dunia telah saling berkompetisi mengembangkan dan menciptakan rekomendasi berbasis algoritmik dalam beberapa bulan terakhir karena adanya TikTok yang terus naik daun.

TikTok mengubah strategi media sosial dan menunjukkan perubahan yang sangat berbeda dengan sistem sosial media di 2018 ketika unggahan di media sosial hanya berkutat pada unggahan dari lingkungan pengguna entah dari teman ataupun keluarga di bagian halaman utamanya.

Untuk mewujudkan itu, bahkan Chief Product Officer Meta Chris Cox bahkan menyebutkan Meta menyiapkan lebih banyak unit pemrosesan grafis (GPU) hingga 5 kali lipat di pusat datanya agar bisa memberikan daya komputasi ekstra untuk kecerdasan buatannya.

Artikel menarik lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X