The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Samsung dan Stanford Kolaborasi untuk Ciptakan Layar OLED dengan 10.000PPI!
Logo perusahaan Samsung di kantornya yang ada di Seoul, Korsel (photo/REUTERS/Kim Hong-Ji)
Tech

Samsung dan Stanford Kolaborasi untuk Ciptakan Layar OLED dengan 10.000PPI!

Disebut bakal dimanfaatkan untuk teknologi VR (Virtual Reality)

Senin, 26 Oktober 2020 13:42 WIB 26 Oktober 2020, 13:42 WIB

INDOZONE.ID - Samsung Electronics dan Stanford University baru saja mengumumkan bahwa pihaknya telah berkolaborasi untuk menciptakan layar OLED dengan 10.000 PPI atau Pixels Per Inch. Hal tersebut membuat kualitas gambar dan video yang ditampilkan menjadi sangat tajam.

Selain itu disebutkan juga bahwa layar OLED tersebut nanti dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan perangkat Virtual Reality (VR). Hal tersebut karena semakin besar PPI sebuah layar, maka konten yang ditampilkan semakin jelas meski sudah dilihat dari jarak yang sangat dekat.

Apalagi saat ini banyak perangkat headset VR yang masih mengalami masalah bernama screen door yang membuat pengguna headset VR masih bisa melihat efek seperti jarak antara masing-masing pixel.

Ilustrasi teknologi layar OLED buatan Samsung dan Stanford University
Ilustrasi teknologi layar OLED buatan Samsung dan Stanford University (photo/Samsung via. Gizmochina)

Tentunya hal tersebut merupakan sebuah inovasi terbaru bagi layar OLED dimana saat ini kebanyakan layar-layar OLED yang dipakai di perangkat seperti smartphone hanya memiliki 400 hingga 500 PPI saja.

Untuk teknologinya sendiri, Samsung dan Stanford menggunakan film untuk memancarkan cahaya putih di antar lapisan yang akan memantulkan cahaya dari satu lapisan perak ke lainnya dengan konfigurasi nano. Hal tersebut yang membuat kerapatan pixel yang dihasilkan jauh lebih tinggi daripada layar OLED di smartphone-smartphone saat ini.

Selain itu para peneliti dari Samsung dan Stanford sudah melakukan uji laboratorium dimana mereka telah berhasil menghasilkan bukti dari konsep layar OLED dengan 10.000 PPI tersebut meskipun masih dalam ukuran yang kecil. Namun ini adalah langkah yang cukup bagus untuk saat ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US