The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Hyperloop, Kereta Masa Depan Yang Lebih Cepat Dari Pesawat
Hyperloop (Wikipedia)
Tech

Inilah Hyperloop, Kereta Masa Depan Yang Lebih Cepat Dari Pesawat

Sabtu, 27 Februari 2021 12:48 WIB 27 Februari 2021, 12:48 WIB

INDOZONE.ID - Hyperloop merupakan konsep transportasi yang dikenalkan sejak tahun 2013. Bentuknya seperti kereta tapi kecepatannya diklaim bisa tembus 1.207 Km/jam.

Orang yang pertama kali memperkenalkan konsep transportasi ini adalah Elon Musk dimana ia menjelaskan bahwa Hyperloop bergerak dengan menciptakan tekanan rendah yang memungkinkan kapsul bergerak dengan kecepatan yang amat tinggi.

Saking cepatnya, Hyperloop diklaim lebih cepat daripada pesawat. Konsepnya itu seperti kereta dimasukkan ke dalam sebuah pipa raksasa dimana di dalam kereta bisa saja manusia atau barang.

Kereta yang kita anggap saja kapsul tersebut nantinya akan ditarik menggunakan vakum. Maka dari itu alasan mengapa Hyperloop ini sangat kencang sekali.

Kapsul di dalam pipa didesain untuk mengambang, baik dengan metode bantalan udara atau dengan teknologi magnetis. Hyperloop pada dasarnya memang mirip dengan kereta jenis magnetic levitation (maglev), hanya saja karena tidak terhalang oleh tekanan udara, kecepatannya jauh lebih tinggi.

Berbagai negara pun sudah berminat untuk mengimplementasikan hyperloop di masa depan. Hyperloop Transportation Technologies misalnya, pada 2017 mengumumkan akan menghadirkan hyperloop di AS, Slowakia, Abu Dhabi, Republik Ceko, India, Brasil, Korea Selatan, dan Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US