The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Popularitas Chromebook dan Tablet Meningkat Drastis di Tahun Ini!
Tampilan laptop Chromebook buatan Acer (photo/Unsplash/Andrew Neel)
Tech

Popularitas Chromebook dan Tablet Meningkat Drastis di Tahun Ini!

Perkembangan Chromebook tumbuh hingga 122% di Q3 2020!

Sabtu, 21 November 2020 11:31 WIB 21 November 2020, 11:31 WIB

INDOZONE.ID - Chromebook saat ini menjadi salah satu jenis laptop yang biasanya digunakan untuk orang-orang yang tak sering menggunakan aplikasi standalone melainkan aplikasi berbasis web. Pasalnya Chrome OS memang hadir sebagai sistem operasi yang mendukung aplikasi berbasis web dan tidak memerlukan performa tinggi.

Apalagi karena dibanderol dengan harga yang murah, kini banyak orang yang mulai tertarik membeli laptop Chromebook dari berbagai merek OEM. Apalagi saat ini kehadiran pandemi virus corona membuat banyak orang makin membutuhkan perangkat seperti laptop.

Baca Juga: Aplikasi Parallels di Chromebook Kini Bisa Jalankan Sistem Operasi Windows 10

Berdasarkan laporan dari salah satu perusahaan analis terkenal bernama Canalys, disebutkan bahwa pada Q3 tahun 2020 ini Chromebook mengalami pertumbuhan yang sangat besar yaitu 122% dan mengalahkan PC Desktop hingga AIO (All-in-One).

Perkembangan produk PC di kuartal ketiga tahun 2020
Perkembangan produk PC di kuartal ketiga tahun 2020 (photo/Canalys)

Dalam laporan tersebut bisa dilihat bahwa tak hanya Chromebook, ternyata perangkat tablet juga memiliki peningkatan cukup tinggi yaitu 88%. Hal ini tentunya disebabkan karena banyak orang yang ingin memiliki perangkat dengan bentuk lebih simpel dan ringan.

Baca Juga: Bos Apple Sebut Laptop Chromebook Murahan & Tidak Buat Sukses Pengguna

Untuk Chromebook sendiri, disebutkan bahwa brand yang berhasil menjual laptop Chromebook terbanyak adalah HP dengan pangsa pasar sebesar 34,1 persen, kemudian disusul oleh Lenovo, Dell, Acer, Asus, dan brand-brand lainnya.

"Chromebook menjadi perangkat yang cocok untuk edukasi di tengah pandemi COVID-19. Saat ini banyak institut yang menggunakan Chromebook karena hadir dengan harga lebih murah namun tetap bisa dipakai untuk berbagai keperluan sekolah," ucap analis dari Canalys, Ishan Dutt.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US