Ini 4 Cara Menjaga Anak dari Penjahat Cyber Ketika Berada di Internet
Ilustrasi penjahat siber (Ilustrasi/Unsplash/Vipul Uthaiah)
Tech

Ini 4 Cara Menjaga Anak dari Penjahat Cyber Ketika Berada di Internet

Minggu, 19 Januari 2020 15:12 WIB 19 Januari 2020, 15:12 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini internet menjadi salah satu hal yang sangat umum untuk diketahui oleh semua orang dari berbagai usia. Bahkan saat ini anak-anak saja sudah mahir dalam mengakses internet dan memanfaatkan layanan tersebut untuk berbagai hal.

Namun karena dunia internet sendiri sangat luas, tentu ada beberapa pihak yang memanfaatkan internet untuk berbuat jahat atau dikenal dengan istilah 'kejahatan cyber'. Hal tersebut yang saat ini sangat dikhawatirkan oleh orang tua terhadap anaknya.

Nah, berikut adalah 4 cara untuk menjaga anak dari penjahat cyber ketika sedang mengakses internet agar selalu aman dan data pribadi kalian tidak akan dicuri oleh penjahat cyber:

1. Buatlah pedoman ketika menggunakan internet

Para orang tua diwajibkan untuk membuat sebuah pedoman atau peraturan ketika sedang mengakses internet. Contohnya dengan menghindari situs-situs berbahaya dan ilegal serta memberitahu situs yang boleh mereka akses.


2. Monitor kegiatan anak di internet

Nah, untuk memastikan anak anda tidak mengakses situs yang berbahaya, ada baiknya orang tua memonitor kegiatan anak dengan memanfaatkan fitur History atau Riwayat yang terdapat di peramban web baik di smartphone atau PC.


3. Ajari anak aplikasi yang boleh digunakan

Sama seperti poin nomor 1, orang tua juga harus memberitahu kepada anak aplikasi-aplikasi apa saja yang dapat mereka akses dan gunakan. Jika bisa, aplikasi yang berhubungan dengan privasi serta data pribadi tidak perlu di-install di perangkat milik anak.


4. Jelaskan anak tentang privasi online

Yang terakhir adalah dengan memberitahu serta mengedukasi anak bahwa privasi online adalah hal yang sangat penting. Sama seperti privasi di dunia nyata, privasi online sendiri digunakan oleh orang tak bertanggung jawab jika sampai bocor ke tangan yang salah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU