The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Indonesia Masih Kalah dari Singapura dan Malaysia Soal Cyber Security!
Ilustrasi potongan kode pemrograman (Ilustrasi/Unsplash/RoonZ)
Tech

Indonesia Masih Kalah dari Singapura dan Malaysia Soal Cyber Security!

Senin, 12 Juli 2021 10:19 WIB 12 Juli 2021, 10:19 WIB

INDOZONE.ID - Di era modern seperti ini, keamanan cyber menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Tetapi setiap negara pasti memiliki pengetahuannya sendiri tentang apa itu keamanan cyber dan bagaimana cara untuk mengelolanya.

Nah, baru-baru ini International Telecommunication Union (ITU) telah merilis laporan Global Cyber Security Index edisi keempat untuk tahun 2020 yang memberi informasi terkait negara-negara yang memiliki pemahaman tinggi tentang cyber security.

Laporan tersebut memang dirilis secara rutin setiap tahun, dimana nantinya ada perwaklian dari setiap negara yang harus menjawab pertanyaan tentang keamanan cyber. Setiap pertanyaan bakal memiliki point yang akan menjadi nilai akhir di laporan itu.

Dalam laporan tersebut, terlihat bahwa Amerika Serikat saat ini menjadi negara dengan pemahaman tentang keamanan cyber yang paling baik. Perwakilan dari AS berhasil mendapatkan skor sempurna yaitu 100.

Daftar negara dengan pemahaman tentang keamanan cyber terbaik
Daftar negara dengan pemahaman tentang keamanan cyber terbaik (photo/Dok. ITU)

Sementara itu di posisi kedua ada Britania Raya dan Arab Saudi dengan skor yang sama yaitu 99,54. Lalu terdapat Estonia di posisi ketiga.

Untuk negara Asia Tenggara sendiri, Singapura sukses menduduki posisi keempat, kemudian Malaysia berada di posisi kelima. Tetapi bagaiman dengan Indonesia?

Indonesia diketahui masih berada di posisi ke-24, di atas Vietnam, Thailand, dan bahkan China. Indonesia sendiri disebut mengalami peningkatan dimana pada tahun 2018 lalu, Indonesia masih berada di peringkat ke-41 saja.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US