The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bingung Pilih Mesin Cuci Bukaan Atas atau Depan? Ini Pertimbangannya!
Ilustrasi mesin cuci. (Pexels/RODNAE Productions)
Tech

Bingung Pilih Mesin Cuci Bukaan Atas atau Depan? Ini Pertimbangannya!

Pertimbangkan ya.

Jumat, 06 November 2020 15:44 WIB 06 November 2020, 15:44 WIB

INDOZONE.ID - Mesin cuci merupakan alat elektronik yang bisa diandalkan untuk menghemat waktu dan energi saat mencuci. Ada dua jenis mesin cuci yang diproduksi di pasaran, yaitu jenis mesin cuci bukaan atas atau top loading dan mesin cuci bukaan depan atau front loading.

Saat ingin membeli mesin cuci baru, kamu mungkin merasa bingung harus memilih mesin cuci dengan bukaan atas atau depan. Sebab, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar tak bingung, berikut adalah perbedaan antara mesin cuci bukaan atas dan depan yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.

1. Hasil Cucian Mesin Cuci Bukaan Atas Akan Lebih Mudah Rusak

Pertimbangan memilih mesin cuci bukaan atas atau depan
Ilustrasi mesin cuci. (Pexels/Ketut Subiyanto)

Mesin cuci bukaan atas menggunakan sistem putaran cukup keras dan cenderung membuat pusaran air. Sehingga, pakaian akan saling terlilit satu sama lain dan menyebabkan pakaian mudah melar dan rusak. Selain itu, kamu juga akan merasa kesulitan jika harus mencuci pakaian dengan ukuran yang besar, terutama seprai atau gorden.

2. Mesin Cuci Bukaan Depan Memiliki Nilai Rpm yang Lebih Tinggi

Pertimbangan memilih mesin cuci bukaan atas atau depan
Ilustrasi mesin cuci. (Pexels/Ekaterina Belinskaya)

Jika kamu pernah menggunakan mesin cuci bukaan atas, kamu akan sering menemukan mesin cuci ini bergetar dengan cukup keras, bahkan getarannya bisa membuat mesin cuci berpindah tempat. Sehingga, mesin cuci bukaan atas nilai rpm-nya dibatasi agar tetap aman. Sedangkan, mesin cuci bukaan depan memiliki nilai rpm yang lebih tinggi daripada mesin cuci bukaan atas.

Sebab, mesin cuci bukaan depan berputar secara horizontal, hal ini membuatnya lebih aman dan stabil saat proses pencucian. Selain itu, hasil cucian pun akan lebih cepat kering dan lebih bersih karena mesin cuci bukaan depan berputar dengan nilai rpm yang lebih tinggi.  

3. Aliran Air untuk Mesin Cuci Bukaan Depan Harus Deras

Pertimbangan memilih mesin cuci bukaan atas atau depan
Ilustrasi mesin cuci. (Pexels/Mathias P.R. Reding)

Kekurangan dari mesin cuci bukaan depan adalah aliran air yang digunakan untuk mencuci harus dalam keadaan deras. Sehingga, mesin cuci akan lebih mudah error dan pakaian menjadi tidak bersih jika air yang digunakan tidak deras. 

Meski begitu, mesin cuci bukaan depan lebih irit air daripada mesin cuci bukaan atas. Pada mesin cuci bukaan atas, kamu harus mengisinya dengan air yang cukup banyak sebelum mencuci, sehingga air lebih boros dan waktu mencuci menjadi lebih lama.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US