The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Plastik, Metal, Kaca, Apa Bahan Terbaik untuk Bagian Belakang Smartphone?
Bagian belakang dari smartphone Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra (photo/NextPit)
Tech

Plastik, Metal, Kaca, Apa Bahan Terbaik untuk Bagian Belakang Smartphone?

Senin, 10 Agustus 2020 10:21 WIB 10 Agustus 2020, 10:21 WIB

INDOZONE.ID - Kini berbagai vendor smartphone memiliki pilihan  masing-masing dalam memilih bahan yang nantinya bakal digunakan sebagai bahan di bagian belakang dari smartphone mereka. Saat ini bahan-bahan yang dapat digunakan adalah plastik, metal, dan juga kaca.

Namun kehadiran smartphone baru Samsung yaitu Galaxy Note 20 dengan bahan plastik membuat para konsumen smartphone di seluruh dunia terkejut. Ya, pasalnya saat ini kebanyakan smartphone dengan harga di atas US$999 sudah dibekali dengan kaca.

Samsung Galaxy Note 20 dengan bahan plastik
Samsung Galaxy Note 20 dengan bahan plastik (photo/NextPit)

Tentunya hal tersebut membuat banyak orang menjadi bingung kenapa Samsung memutuskan untuk menggunakan plastik ketimbang kaca untuk smartphone Galaxy Note 20 tersebut.

Nah, diketahui bahwa penggunaan plastik sebagai bahan smartphone memiliki beberapa keunggulan. Plastik sendiri memiliki durabilitas yang lebih tinggi ketimbang kaca dan berat dari plastik sendiri lebih kecil dibandingkan dengan bahan lain seperti kaca.

Selain plastik, penggunaan bahan metal juga sempat trend dimana bahan tersebut membuat smartphone terlihat semakin solid dan juga kokoh. Namun hal itu membuat suhu smartphone menjadi cepat panas dan hal tersebut tentunya akan mengganggu kenyamanan pengguna saat menggunakan smartphone tersebut.

Smartphone iPhone 6 dengan bahan metal
Smartphone iPhone 6 dengan bahan metal (photo/Unsplash/Safarulla Kasmi)

Sementara untuk kaca sendiri merupakan bahan paling terbaru yang kini mulai digunakan banyak vendor. Selain menghadirkan dukungan terhadap teknologi wireless charging, kaca sendiri membuat tampilan smartphone menjadi lebih mengkilap.

Hanya saya kelemahan yang dimiliki oleh kaca yaitu daya tahannya yang lemah. Pasalnya jika smartphone pengguna jatuh dari ketinggian lebih dari 1 meter, terdapat kemungkinan besar bagian belakang dari smartphone tersebut akan pecah karena benturan.

Nah, kalian sendiri lebih pilih mana, smartphone dengan bahan plastik, metal, atau kaca? Tulis jawaban kalian beserta alasannya di kolom komentar ya guys!  

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US