Kemungkinan di Masa Depan, Baterai Smartphone Terbuat dari Durian
Buah durian. (photo/Ilustrasi/Pixabay)
Tech

Kemungkinan di Masa Depan, Baterai Smartphone Terbuat dari Durian

Sabtu, 29 Februari 2020 21:15 WIB 29 Februari 2020, 21:15 WIB

INDOZONE.ID - Durian kemungkinan akan menjadi sumber energi alternatif sebagai baterai untuk ponsel pintar (smartphone).

Kemungkinan itu diutarakan oleh seorang profesor dari University of Sydney bernama Vincent G. Gomes. Dia menyatakan bahwa buah durian dapat menghasilkan energi seperti baterai.

Dilansir melalui laman Popular Mechanics, hasil penelitian yang dilakukan profesor tersebut mampu menghasilkan energi superkapasitor layaknya baterai.

“Ketepatan struktural biomassa alami dengan pori-pori hierarkisnya, yang dikembangkan selama jutaan tahun evolusi biologis, memberikan sumber daya yang luar biasa sebagai templat untuk sintesis bahan berbasis karbon,” katanya.

“Sifat-sifatnya yang terintegrasi dari area permukaan tinggi, dan situs aktif antarmuka dapat memfasilitasi reaksi elektrokimia, difusi ionik, dan densitas pembawa muatan tinggi,” tambahnya.

Ternyata superkapasitor yang tersedia di pasaran masih memiliki harga tinggi. Hal itulah yang membuat para peneliti melakukan percobaan bahan organik untuk mengecilkan biaya dalam pembuatan superkapasitor.

Dan hasilnya, buah durian ditargetkan sebagai salah satu kemungkinan yang akan diciptakan sebagai tenaga energi tersebut.

Jika pada akhirnya diciptakan, superkapasitor yang berasal dari baterai durian nantinya dapat digunakan sebagai kebutuhan daya kendaraan listrik, perangkat kesehatan, hingga beragam gadget elektronik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
M. Rio Fani
Zega

Zega

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US