The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

MobED Hyundai, Robot Roda Empat yang Bisa Membawa Kereta Dorong Bayi dengan Sempurna
Teknologi Hyundai terbaru. (Photo/Hyundai)
Tech

MobED Hyundai, Robot Roda Empat yang Bisa Membawa Kereta Dorong Bayi dengan Sempurna

Jumat, 17 Desember 2021 22:20 WIB 17 Desember 2021, 22:20 WIB

INDOZONE.ID - Hyundai baru-baru ini mengungkapkan bahwa perusahaannya telah mengeluarkan Mobile Eccentric Droid (MobED). Teknologi itu merupakan robot beroda empat yang cukup unik dan dapat membawa apa saja.


robot beroda empat
(Photo/Hyundai)

MobED memiliki berat 50 kg dan memiliki jarak sumbu roda yang dapat diperpanjang serta menyesuaikan kecepatan. Mobile droid ini juga menyertakan fungsi kemudi yang dapat disesuaikan agar tetap seimbang di permukaan yang kasar.

Robot ini memiliki kapasitas 2 kWh dan ban 12 inci serta menjadi sebuah alat yang dapat menyelesaikan pekerjaan selama 4 jam hingga 30 km/ jam saat dayanya terisi penuh.

Alat Pemandu

robot pemandu
(Photo/Hyundai)

Hyundai memperkirakan MobED berguna untuk pengiriman dan pemanduan, sementara stabilitasnya yang seperti gimble dapat berguna untuk kru film.

Kemampuannya untuk beradaptasi dengan medan, juga berarti bahwa jarak sumbu rodanya dapat diperluas dari 45 cm menjadi 65 cm. Dengan roda yang diperpanjang sepenuhnya, MobED yang anfalkan tiga motor listrik dapat melaju di kecepatan 30 km/jam.

“Kami telah mengembangkan platform MobED untuk mengatasi keterbatasan pemandu dalam ruangan dan robot layanan yang ada sambil memaksimalkan kegunaannya di kota-kota dengan secara dramatis meningkatkan mobilitas platform secara keseluruhan,” kata Dong Jin Hyun, Kepala Lab Robotika Grup Motor Hyundai.

Baca juga: Thalassic Mask, Masker Medis yang Dicetak Mesin 3D dengan Konsep Biota Laut

Peluncuran Fungsi MobED


Video peluncuran robot ini juga tampak lucu. Tim Hyundai mengeluarkan beberapa contoh fungsi yang bisa digunakan oleh teknologi buatan mereka tersebut.

Mulai dari menjadi pemandu untuk mengantar paket hingga membawa kereta dorong bayi dan lainnya. Fungsi lainnya juga memperlihatkan robot itu memegang televisi sementara seorang wanita berolahraga.

Tidak hanya itu, peluncuran fungsi teknologi itu juga memperlihatkan seorang pemain sepatu roda zig-zag melewati jalan setapak dengan robot tepat di belakangnya dan robot beroda empat itu meniru gerakannya.

Akan Tampil di CES 2022

robot beroda empat
(Photo/Hyundai)

Pabrikan mobil asal Korea Selatan ini menjanjikan jam penggunaan dengan sekali pengisian daya dan mengatakan bahwa ban pneumatik-nya memungkinkan meredam gundukan dengan lebih baik.

Kabarnya, MobED akan ditampilkan kepada publik di CES 2022, yang akan berlangsung pada 5-8 Januari 2022 di Las Vegas. CES merupakan singkatan dari Consumer Electronics Show.

CES adalah acara teknologi paling berpengaruh di dunia — ajang pembuktian bagi terobosan teknologi dan inovator global. Di sinilah merek terbesar di dunia melakukan bisnis dan bertemu mitra baru, dan inovator paling tajam muncul di panggung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani
JOIN US
JOIN US