The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

20 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Gratis di PC, Android dan iOS Terbaru 2022
Ilustrasi aplikasi pengedit foto. (Unsplash/@georgiadelotz)
Tech

20 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Gratis di PC, Android dan iOS Terbaru 2022

Rabu, 18 Mei 2022 23:05 WIB 18 Mei 2022, 23:05 WIB

INDOZONE.ID - Tidak bisa dipungkiri jika kamera dengan kualitas lensa yang bagus menjadi salah satu aspek cukup penting pada sebuah ponsel. Namun sayangnya tak semua ponsel memiliki kamera yang terbaik.

Terkadang, sebuah aplikasi pengedit foto dibutuhkan agar membuat hasil kamera bawaan ponselmu semakin menarik dan menyempurnakan kualitas foto yang cuma rata-rata.

Nah biar memudahkan kamu untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas biar bisa diposting di media sosial, Indozone sudah merangkumnya untuk mu lho! Yuk kita simak.

20 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Gratis 2022

Beberapa aplikasi di bawah ini bisa kamu gunakan untuk mengedit foto di PC, Android, bahkan iOS.

1. Adobe Photoshop Express 

Aplikasi edit foto yang pertama ini selain mudah digunakan dan ramah pemula ternyata sudah dikenal oleh kalangan editor foto.

adobe photoshop express
Adobe Photoshop Express. (pngall) 

Tersedia untuk PC dan mobile, aplikasi ini terkenal akan fitur blemish removal yang bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan gambar dari noda-noda yang mengganggu di foto.

2. Adobe Photoshop Lightroom

Sama halnya dengan Adobe Photoshop Express, aplikasi edit foto yang satu ini juga mengunggulkan adjustment brush dan spot removal sebagai fiturnya. Namun, satu hal yang menarik dari aplikasi ini yaitu kamu dapat memanipulasi warna sesuai seleramu lho. Keren kan?

3. VSCO Cam

Siapa sih yang enggak tahu aplikasi edit foto satu ini? aplikasi yang sudah hadir sejak 2011 ini menyediakan puluhan filter yang bisa kamu gunakan untuk mengubah tone warna foto agar lebih hidup.

vsco cam
VSCO Cam. (Dok.VSCO)

Kamu juga bisa mengatur sendiri setiap filter berdasarkan kesukaanmu.

4. Snapseed 

Kalau aplikasi yang satu ini sudah umum banget digunakan, terutama di kalangan para selebgram. Fitur editing dalam aplikasi ini terbilang sangat lengkap, mulai dari filter hingga tools yang disediakan.

snapseed
Tampilan Snapseed. (Fun Live Crisis)

Jika kamu pecinta konten dengan tone vintage dan bergaya tahun 50-an, aplikasi ini cocok buat kamu gunakan.

5. Huji Cam

Aplikasi bergaya retro yang menawarkan hasil jepretan layaknya menggunakan kamera analog ini sempat booming di awal peluncurannya.

huji cam
Tampilan Huji Cam. ( Dok. Google Play Store)

Hingga saat ini pun aplikasi ini masih banyak digunakan terutama dari kalangan Gen Z.

6. Prisma

Aplikasi Prisma sempat populer pada awal tahun 2017. Bahkan, aplikasi edit foto satu ini sempat menyabet gelar sebagai 'App Of The Year' oleh App Store. Prisma menawarkan hasil edit foto yang memiliki gaya artistik yang terinspirasi oleh lukisan para maestro.

7. PicsArt Studio Photo 

Tak heran lagi jika aplikasi PicsArt sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna.

picsart
Fitur PicsArt. (Tapsmart)

Sebab, fitur-fitur yang dihadirkan dalam satu aplikasi ini cukup beragam mulai dari magic effect, tools beragam, collages, hingga stiker pun tersedia untuk membuat foto kamu terlihat lebih professional dan hidup.

8. Polarr

Polarr bukan hanya dapat membantu kamu untuk mengedit hasil foto agar lebih kekinian, namun bisa juga dipakai sebagai alat memotret. Kamu juga bisa meningkatkan kualitas foto melalui pengaturan exposure, contrast, color balance, dan lainnya.

9. Unfold

Jika kamu ingin menggabungkan foto dan video dalam satu kolase secara bersamaan, maka aplikasi Unfold merupakan pilihan yang tepat untuk kamu gunakan. Unfold sendiri menawarkan template yang kece dan kekinian.

10. InShot

Aplikasi lainnya yang tak kalah ciamik yaitu InShot. InShot bisa kamu gunakan untuk mengedit foto bahkan video. Untuk fitur edit videonya, InShot menghadirkan efek glitch, pixel, hingga berbagai template untuk membuat tampilan editan kamu semakin terlihat professional.

11. Photoscape

Jika kamu pengguna PC, baik Windows maupun Mac, maka aplikasi Photoscape bisa kamu gunakan  untuk melakukan berbagai proses pengeditan foto.

photoscape
Tampilan dan fitur Photoscape. ( Dok. Photoscape)

Mulai dari mengonversi format gambar, membuat kolase, bahkan membuat animasi GIF pun bisa hanya dalam satu aplikasi ini.

12. PicSay

PicSay tersedia dalam dua versi yaitu, gratis dan pro. Aplikasi yang ringan bagi pemula ini menyediakan fitur doodle yang bisa kamu gunakan untuk menggambar di atas foto dengan efek-efek yang keren. Unik ya!

13. Canva 

Aplikasi edit foto ini bukan hanya ramah bagi pemula tapi kerap dipake oleh para professional lho. Sebab, bukan cuma buat edit foto kamu biar terlihat instagramable tapi kamu bisa membuat presentasi hingga logo lewat berbagai templates keren yang telah disediakan.

14. Camera MX 

Camera MX juga termasuk salah satu rekomendasi yang terbaik untuk aplikasi edit foto. Yang kerennya, aplikasi ini memiliki auto focus yang dipastikan bakal buat foto kamu memiliki hasil yang terbaik.

camera mx
Camera MX. (Dok. Google Play Store)

Bukan hanya itu saja, Camera MX menyediakan fitur Auto Optimization dan HDR agar foto yang kamu ambil memiliki kualitas foto tinggi meski di kondisi minim pencahayaan.

15. ProShot

Aplikasi satu ini bisa dinikmati oleh para pengguna smartphone baik dengan sistem Android maupun iOS. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, kamu dapat mengatur besaran ISO, exposure, white balance, hingga fokus. Namun, aplikasi ini agak sedikit rumit bagi pemula. Kamu mungkin waktu untuk beradaptasi pada pengaturan manualnya.

16. Tezza 

Pecinta retro wajib tahu, aplikasi Tezza bisa kamu gunakan untuk mengubah raw foto mu menjadi foto yang aesthetic bak tahun 60an dengan filter yang disediakan di aplikasi edit foto satu ini.

tezza
Aplikasi Tezza. (Dok. Tezza)

Tezza sendiri salah satu aplikasi yang populer dan mendapat rating 4.8/5 di App Store. Lewat aplikasi ini kamu juga bisa mengatur feeds instagram kamu sebelum diposting lho!

17. Dazz Cam

Salah satu aplikasi yang lagi beken di kalangan para selebgram dan Gen Z lainnya yaitu Dazz Cam. Kamu enggak perlu repot untuk mengedit secara manual foto yang kamu ambil, karena Dazz Cam bisa sunting potret yang kamu ambil secara instan dengan hasil yang terinspirasi dari kamera retro.

18. Nichi

Nichi merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk pengeditan foto dan video Instagram Stories. Aplikasi ini menyediakan beragam template yang lucu, serta mempunyai desain yang apik, dan vintage supaya tampilan Insta Story kamu semakin menarik untuk dilihat.

19. PREQUEL

Jika kamu sering main TikTok, maka sudah tak asing lagi melihat tren foto yang diubah menjadi kartun. Ternyata tren tersebut dihasilkan oleh Prequel App yang sempat ngehits di TikTok. 

20. Remini 

Jika kamu mempunyai foto dengan resolusi kamera yang rendah, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Remini untuk mengubah kualitas fotomu menjadi resolusi HD atau High Definition.

remini
Hasil foto Remini. (Dok. Remini)

Penulis: Safira Meidina

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Indozone
Ristuyana

Ristuyana

Editor
Indozone

Indozone

Writer
JOIN US
JOIN US