The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Facebook Akan Membayar Media Prancis untuk Menampilkan Berita di Platformnya
Facebook akan membayar media Prancis. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Tech

Facebook Akan Membayar Media Prancis untuk Menampilkan Berita di Platformnya

Jumat, 22 Oktober 2021 19:35 WIB 22 Oktober 2021, 19:35 WIB

INDOZONE.ID - Facebook pada Kamis (21/10/2021) dikabarkan akan membayar media Prancis untuk menampilkan berita di platformnya. Facebook sekarang akan membayar beberapa surat kabar Prancis untuk semua berita yang ditampilkan kepada pengguna di feed mereka.

Dilansir dari laporan AFP, Jumat (22/10/2021), tidak hanya Facebook, Google juga mengumumkan pengaturan serupa di Prancis. Pada Februari 2021, Google setuju untuk membayar 22 juta dollar (Rp312 miliar) per tahun kepada 121 media berita nasional dan lokal di Prancis.

Selain itu, Google juga setuju untuk membayar 10 juta dollar (Rp141 miliar) kepada grup yang sama "Alliance de la presse d'information générale (APIG)" karena berjanji untuk tidak menuntut raksasa teknologi itu atas klaim hak cipta selama tiga tahun ke depan.

Facebook
(Photo/Ilustrasi/unsplash)

Baca juga: Nano-Filter Berbahan Kotoran Sapi Bisa Mengubah Air Garam Jadi Air Minum untuk Manusia

Aturan ini karena platform raksasa seperti Facebook dan Google mendapatkan jumlah yang sangat besar karena interaksi pengguna dengan berita di platformnya, outlet berita melihat keuntungan mereka terpotong terutama setelah pandemi Covid-19 melanda.

Di Eropa, langkah tersebut muncul setelah aturan hak cipta pertama diberlakukan di bawah payung Uni Eropa untuk menciptakan "hak bertetangga".

Hal tersebut mengharuskan perusahaan teknologi besar untuk bernegosiasi dengan penerbit yang mungkin mencari sebagian dari keuntungan yang diperoleh melalui penggunaan konten berita mereka.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani
JOIN US
JOIN US