The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jutaan Smartphone Android dengan Chipset Snapdragon Miliki Celah Keamanan!
Samsung Galaxy Note20 (photo/NextPit)
Tech

Jutaan Smartphone Android dengan Chipset Snapdragon Miliki Celah Keamanan!

Terdapat lebih dari 400 celah di chipset Snapdragon

Selasa, 11 Agustus 2020 11:39 WIB 11 Agustus 2020, 11:39 WIB

INDOZONE.ID - Para pengguna smartphone Android dengan chipset Snapdragon kini wajib waspada, pasalnya baru-baru ini terungkap bahwa chipset Snapdragon buatan Qualcomm memiliki lebih dari 400 celah keamanan yang dapat dipakai hacker untuk mencuri informasi.

Celah yang diberi nama Achilles tersebut diketahui ditemukan di prosesor penerima sinyal digital yang terdapat di sejumlah chipset Snapdragon buatan Qualcomm. Celah tersebut pun disebut berbahaya jika sampai dimanfaatkan oleh hacker yang jahat.

Pasalnya dengan celah tersebut, hacker nantinya dapat diam-diam merekam panggilan telepon, mencuri data, menginstall aplikasi secara diam-diam, dan juga memasang malware yang tidak bisa dihapus.

Chipset 5G Snapdragon buatan Qualcomm
Chipset 5G Snapdragon buatan Qualcomm (photo/Qualcomm)

Namun keberadaan celah tersebut masih belum dikonfirmasi oleh Qualcomm. Pihaknya menyebut bahwa mereka masih belum mendapatkan bukti terkait 400 celah keamanan tersebut. Namun kini pihaknya tetap waspada jika sempat celah tersebut memang ada di chipset buatan mereka selama ini.

Jika benar, maka ada jutaan perangkat Android yang terancam menjadi korban peretasan akibat kehadiran celah berbahaya tersebut. Apalagi saat ini beberapa brand smartphone seperti Samsung, LG, dan Xiaomi sudah menggunakan chipset Snapdragon di banyak smartphone buatannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US