The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Roket Starship SN10 SpaceX Sukses Mendarat, Namun Meledak Tak Lama Kemudian
Roket SpaceX Starship SN10 saat mendarat dan meledak (photo/YouTube/SpaceX/SPadre.com)
Tech

Roket Starship SN10 SpaceX Sukses Mendarat, Namun Meledak Tak Lama Kemudian

Kamis, 04 Maret 2021 14:42 WIB 04 Maret 2021, 14:42 WIB

INDOZONE.ID - SpaceX baru saja melakukan uji coba terhadap roket buatannya yaitu Starship di Texas, Amerika Serikat. Ini adalah roket Starship dengan model SN10 yang diuji coba untuk mendarat dari ketinggian tertentu.

Awalnya SpaceX berhasil meluncurkan roket tersebut dari landasannya di Boca Chica, Texas dan roketnya berhasil terbang hingga ketinggian 10km. Tak sampai disitu, roket tersebut juga berhasil mendarat dengan mulus untuk pertama kalinya.

Tentu ini merupakan salah satu pencapaian besar bagi SpaceX karena roket buatannya ini mampu melakukan manuver belly flop dan mendarat dengan mulus.


Namun ternyata beberapa menit setelah roket Starship SN10 ini mendarat, tiba-tiba saja roket ini meledak di lokasi pendaratan tersebut. Tak terlihat adanya tanda seperti api yang keluar dari roket tersebut.

Bagi SpaceX, meledaknya roket Starship SN10 ini tak disebut sebagai 'meledak' melainkan Rapid Unplanned Disassembly (RUD) yang merupakan salah satu lelucon yang dipakai SpaceX saat ada roketnya yang meledak.

Meskipun berakhir dengan ledakan yang cukup besar, SpaceX mengatakan bahwa ini menjadi pencapaian besar bagi mereka. Pasalnya roket Starship SN8 dan SN9 miliknya sudah meledak saat menyentuh tanah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US