The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

TikTok Dilaporkan Lakukan Pelacakan Data meski Netizen Tak Punya Aplikasinya di Smartphone
Ilustrasi TikTok. (Freepik)
Tech

TikTok Dilaporkan Lakukan Pelacakan Data meski Netizen Tak Punya Aplikasinya di Smartphone

TikTok Dilaporkan Lakukan Pelacakan Data

Selasa, 04 Oktober 2022 18:48 WIB 04 Oktober 2022, 18:48 WIB

INDOZONE.ID - TikTok dilaporkan bisa melacak data netizen meskipun mereka tidak menginstal aplikasi media sosial itu di smartphone.

Menurut data yang dikumpulkan oleh organisasi nirlaba Consumer Reports, aplikasi video asal China itu menggunakan taktik pengumpulan data seperti raksasa teknologi mapan lainnya, seperti Alphabet (Google) dan Meta (Facebook).

TikTok dilaporkan menerima informasi termasuk alamat IP seseorang, kebiasaan menjelajah web, dan riwayat pencarian mereka, meskipun beberapa pengaturan privasi dapat menyebmunyikan sejumlah data.

Baca Juga: Trik Bermanfaat Lihat Layar Penuh di TikTok, Cukup 2 Jari!

Laporan juga menyebutkan bahwa aplikasi besutan Byte Dance tersebut mendapatkan data netizen soal kekerasan dalam rumah tangga, pengendalian kelahiran, hingga diet.

"Saya benar-benar terkejut bahwa pelacak TikTok sudah tersebar luas," kata Patrick Jackson, kepala teknologi perusahaan keamanan Disconnect, yang terlibat dalam penelitian tersebut melansir The Independent, Selasa (4/10/2022).

“Satu-satunya ini berhasil karena ini adalah operasi rahasia. Beberapa orang mungkin tidak peduli, tetapi orang harus punya pilihan. Seharusnya tidak terjadi dalam bayang-bayang,” kata dia lagi.

Seorang juru bicara TikTok tidak membantah adanya pelancakan, namun menekankan hal itu dilakukan untuk meningkatkan layanan periklanan.

Baca Juga: Terinspirasi TikTok, Twitter Mulai Uji Coba Fitur Video Vertikal

"Tidak digunakan untuk mengelompokkan individu ke dalam kategori minat tertentu untuk ditargetkan pengiklan lain," sumber yang tak disebut namanya itu.

“Seperti platform lain, data yang kami terima dari pengiklan digunakan untuk meningkatkan efektivitas layanan periklanan kami,” kata juru bicara tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Rachmat Fahzry

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US