The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Roket Starship Besutan Elon Musk akan Tampilkan Pembaruan Februari ini
Elon Musk, CEO SpaceX. (REUTERS/Mike Blake)
Tech

Roket Starship Besutan Elon Musk akan Tampilkan Pembaruan Februari ini

Jumat, 04 Februari 2022 16:44 WIB 04 Februari 2022, 16:44 WIB

INDOZONE.ID - Roket Starship besutan perusahaan SpaceX milik Elon Musk kabarnya akan menampilkan pembaruan baru pada 10 Februari mendatang pukul 9 malam ET (11 Februari pukul 09.00 WIB. Pembaruan tersebut sudah disiapkan selama 2 tahun usai generasi Starship terakhir dikenalkan pada 2019.

Menurut laporan The Verge, Jumat (4/2/2022), Starship dikembangkan di fasilitas SpaceX di kawasan Boca Chica, Texas selama beberapa waktu terakhir.

Pesawat luar angkasa itu dirancang untuk dapat dipakai ulang atau mengusung konsep keberlanjutan sehingga bisa membawa manusia dari titik terdekat di ruang angkasa seperti bulan hingga akhirnya bisa mencapai Mars.

Baca Juga: 4 Cara Cek Nomor Indosat IM3 Ooredoo Tanpa Pulsa dan Kuota

Sejauh ini, SpaceX telah melakukan beberapa penerbangan uji ketinggian tinggi dengan kendaraan tersebut tetapi belum meluncurkan Starship ke orbit. Persetujuan dari Administrasi Penerbangan Federal untuk meluncurkan Starship ke orbit dari Boca Chica juga sedang dalam penantian.

Sejak 2016, Elon Musk memang telah berambisi tentang rencananya membangun roket raksasa untuk mengirim orang ke luar angkasa dan ke Mars suatu hari nanti.

Rencana tersebut tentu saja telah berkembang dari waktu ke waktu dengan fokus utamanya membangun roket dan upaya ini telah melalui berbagai perubahan desain dan iterasi juga.

Kendaraan itu juga memiliki beberapa nama yang berbeda, dari BFR ke Mars Colonial Transporter hingga akhirnya Starship.

Selama pembaruan terakhir Musk pada September 2019, Elon Musk memberikan presentasinya di Boca Chica berdiri di depan prototipe penuh Starship.

Cuitan Musk di Twitter juga semakin menguatkan dan mengonfirmasi tentang presentasi baru akan model Starship pada pekan depan itu, meski demikian belum ada rincian lain yang diberikan tentang acara tersebut.

Di samping itu, NASA juga ikut memantau Starship karena pada 2021, NASA memberi SpaceX kontrak 2,9 miliar dolar AS untuk mengembangkan Starship sebagai pendarat untuk membawa astronot ke permukaan bulan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US