The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Untuk Pertama Kalinya Selama 3 Dekade, Penjualan Vinyl Sukses Lampaui CD!
Vinyl atau piringan hitam yang kini lebih terkenal daripada CD (photo/Unsplash/Eric Krull)
Tech

Untuk Pertama Kalinya Selama 3 Dekade, Penjualan Vinyl Sukses Lampaui CD!

Tampaknya popularitas Vinyl kembali meningkat saat ini

Senin, 14 September 2020 14:14 WIB 14 September 2020, 14:14 WIB

INDOZONE.ID - Meskipun saat ini industri musik sudah mulai memasuki era digital dimana seluruh musik sudah dapat didengarkan melalui layanan streaming musik seperti Apple Music dan Spotify, ternyata popularitas dari musik dalam bentuk fisik masih cukup tinggi.

Apalagi di era modern seperti ini, vinyl atau piringan hitam menjadi salah satu benda yang sangat banyak diincar oleh para pencinta musik. Bahkan saat ini vinyl sudah berhasil mengalahkan penjualan CD lho!

Ya, berdasarkan data dari Recording Industry Association of America, pihaknya mengklaim bahwa untuk pertama kalinya sejak tahun 1980, penjualan vinyl telah berhasil mengalahkan penjualan CD dari sektor industri musik.

Kumpulan vinyl atau piringan hitam zaman dulu
Kumpulan vinyl atau piringan hitam zaman dulu (photo/Unsplash/Clem Onojeghuo)

Memang popularitas CD sendiri sudah sangat menurun semenjak format digital seperti wav, mp3, dan lainnya diumumkan. Namun khusus untuk vinyl, tampaknya benda tersebut masih mengundang perhatian banyak orang hingga saat ini.

Bahkan pihak RIAA juga mengatakan bahwa penjualan vinyl sendiri memang sudah meningkat sejak tahun 2019 lalu dengan angka 4%. Namun popularitas vinyl sendiri tentu masih belum dapat menggantikan musik digital sama sekali.

Namun laporan ini menunjukkan bahwa bisnis produksi vinyl kini mengalami peningkatan dan diharapkan akan ada banyak label yang merilis musik-musik dalam bentuk vinyl dan digital.

Bagaimana menurut kalian, apa alasan orang-orang kini mulai tertarik untuk membeli vinyl? Tulis pendapat kalian di kolom komentar di bawah ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US