The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Hal ini Akan Menghindari Kamu dari Penipuan Online
Flip. (ANTARA/Flip)
Tech

4 Hal ini Akan Menghindari Kamu dari Penipuan Online

Sabtu, 30 April 2022 09:19 WIB 30 April 2022, 09:19 WIB

INDOZONE.ID - Selama Ramadhan hingga jelang Idul Fitri, kebutuhan orang berbelanja berbagai keperluan biasanya meningkat, untuk itu penting untuk mewaspadai berbagai potensi penipuan yang kerap terjadi ketika belanja online.

Beberapa di antaranya penipuan undian menang THR, situs belanja online palsu, pinjaman online ilegal, bagi-bagi voucher belanja tiruan, munculnya akun-akun palsu menyerupai kanal resmi perusahaan via sosial media, dan modus permintaan pembaruan data.

Nah agar tehindar dari penipuan menyesatkan, ikuti kiat yang diberikan oleh jasa keuangan, Flip berikut ini.

1.Jangan sembarang klik tautan mencurigakan

Beberapa pihak tak bertanggung jawab biasanya memanfaatkan link atau tautan untuk melakukan penipuan, termasuk untuk kepentingan memperoleh transaksi uang maupun data pribadi.

Di momen seperti ini, tak jarang ditemui beberapa tautan palsu yang mengatasnamakan perusahaan untuk membagi-bagikan voucer belanja, THR, maupun doorprize Lebaran.

2.Jangan bagikan OTP

One Time Password (OTP) merupakan kode verifikasi atau kata sandi sebagai salah satu lapisan keamanan saat bertransaksi online. Mereka yang berniat mengambil alih akun seseorang atau bertransaksi dengan memanfaatkan aplikasi milik orang lain secara ilegal akan mencuri kode OTP yang kita terima.

Saat bertransaksi secara online dan menerima kode OTP resmi dari perusahaan, baik dari SMS maupun email, pastikan kode tersebut tidak diketahui orang lain. Lebih lagi, jika Anda tidak pernah meminta (request) kode OTP ke penyedia layanan.

3.Gunakan kanal resmi komunikasi perusahaan

Cara paling aman untuk memastikan keabsahan informasi layanan transaksi online yang sedang digunakan adalah dengan menghubungi langsung kanal komunikasi resmi perusahaan atau penyedia jasa dan layanan transaksi online.

4. Jangan tergiur dengan tawaran murah

Umumnya para pelaku penipuan menggunakan segala cara untuk "menangkap mangsa", misal dengan menawarkan barang/produk/kendaraan dengan harga jauh dari pasaran. Lalu, dengan ketentuan yang meminta calon pembeli mengisi formulir terlebih dahulu plus menyertakan identitas diri lengkap dengan foto selfie. 

Nah, mendapati yang seperti itu baiknya, ekstra waspada, lebih baik cari alternatif tempat/penjual lain yang lebih terjamin.

happy save shopping!

Artikel menarik lainnya:

TAG
Ristuyana
Ristuyana

Ristuyana

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US