The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Microsoft Kembangkan 'Kain Pintar' yang Bisa Deteksi Jenis Objek di Atasnya
Ilustrasi berbagai macam kain dengan warna yang berbeda (Ilustrasi/Unsplash/Vitalijs Barilo)
Tech

Microsoft Kembangkan 'Kain Pintar' yang Bisa Deteksi Jenis Objek di Atasnya

Bakal jadi teknologi inovatif yang sangat berguna di masa depan!

Senin, 26 Oktober 2020 14:25 WIB 26 Oktober 2020, 14:25 WIB

INDOZONE.ID - Microsoft baru-baru ini diketahui telah mengembangkan sebuah teknologi baru dimana pihaknya menciptakan sebuah kain pintar yang bisa mendeteksi objek yang ada di atasnya. Dikabarkan teknologi kain pintar tersebut bernama Capacitivo.

Capacitivo diketahui sengaja diciptakan agar dapat merasakan dan juga mengetahui objek apa yang ada di atasnya. Objek tersebut pun juga bermacam-macam namun saat ini Capacitivio masih berfokus untuk mengidentifikasi objek seperti buah dan makanan.

Dengan teknologi tersebut, nantinya kita tidak perlu bingung lagi untuk berpikir masakan apa yang bakal dibuat jika kita memiliki beberapa bahan. Pasalnya kita hanya perlu meletakkan bahan-bahan tersebut di kain pintar tersebut dan resep-resep yang cocok akan muncul sebagai rekomendasi.


Berdasarkan pengakuan dari Microsoft, teknologi tersebut diketahui sudah diuji coba dan dari 200 kali yang dilakukan oleh 10 orang dengan 20 objek yang berbeda, Capacitivo berhasil mengetahui objek yang ditaruh dengan tingkat akurasi 94,5 persen.

Tentunya di masa depan, teknologi Capacitivo ini dapat mengenal lebih banyak objek lagi dan akan ada lebih banyak kegunaan yang bisa dihasilkan olehnya.

Dalam video yang diunggah di akun YouTube ACM SIGCHI, terlihat bahwa teknologi Capacitivo ini juga bisa diterapkan agar orang-orang tidak meninggalkan barang penting yang ingin dibawa di tempat tertentu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US