The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Alasan Kenapa Mayoritas Asisten Digital Memiliki Suara Perempuan
Google Home Mini dengan asisten digital Google Assistant (photo/Unsplash/Bence Boros)
Tech

Ini Alasan Kenapa Mayoritas Asisten Digital Memiliki Suara Perempuan

Sabtu, 30 Mei 2020 10:14 WIB 30 Mei 2020, 10:14 WIB

INDOZONE.ID - Apakah kalian pernah berpikir dan penasaran kenapa kebanyakan asisten digital seperti Siri, Cortana, Alexa, hingga Google Assistant menghadirkan suara wanita dan bukan laki-laku secara default?

Tak hanya itu saja, bahkan banyak sekali sistem voice assistant yang ada di mesin ATM menggunakan suara wanita untuk memberikan arahan dan bantuan untuk para pengguna. Lalu apa alasannya?

Beberapa ilmuwan yang menyelidiki hal ini telah berpendapat bahwa penggunaan suara wanita di sistem asisten digital ini ternyata lebih disukai oleh orang-orang daripada suara laki-laki.

Amazon Echo Dot dengan asisten digital Alexa
Amazon Echo Dot dengan asisten digital Alexa (photo/Unsplash/Jan Kolario)

Pasalnya suara wanita lebih dikaitkan dengan suara ibu sehingga banyak orang yang akan merespons suara ini secara positif.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari PCMag, secara psikologis orang lebih cenderung mendengar suara wanita ketimbang laki-laki. Bahkan dalam satu penelitian, disebutkan bahwa janin lebih merespons suara sang ibu ketimbang ayahnya.

Namun tidak semua sistem asisten digital memiliki suara wanita lho! Diketahui bahwa asisten Watson milik IBM menggunakan suara laki-laki karena hadir dengan kesan sebagai seorang pemimpin.

Menurut kalian sendiri, kalian lebih suka mendengar suara wanita atau laki-laki dalam asisten digital. Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US