Ikuti Jejak Facebook dan Google, Apple Bakal Rambah Dunia Periklanan

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 16:45 WIB
Logo Apple. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Logo Apple. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Perubahan kebijakan privasi pada iPhone dinilai sebagai sinyal Apple akan masuk ke bisnis periklanan internet seperti Google dan Facebook.

"Kami melihat (perubahan kebijakan privasi) sebagai tanda Apple ingin berkompetisi di periklanan global," kata analis dari RBC Capital Markets, Brad Erickson, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (3/10/2021).

Refinitiv memberikan bintang empat untuk akurasi Erickson dalam memprediksi perusahaan internet. Apple memiliki App Tracking Transparency yang membuat pengiklan digital seperti Facebook khawatir. Facebook berpendapat beriklan semakin sulit dan mahal.

"(Apple) bisa menggunakan privasi data sebagai penutup sambil mereka berinvestasi pada algoritma pencarian di balik layar," kata Erickson.

Jika pengiklan tidak punya pilihan lain, Erickson melihat YouTube dan Connected TV mimik Amazon bisa menjadi alternatif bagi para pengiklan. 

Analis di Evercore ISI juga mengendus rencana Apple untuk masuk ke periklanan pada Agustus lalu. Mereka melihat menghambat periklanan pihak ketiga merupakan langkah yang bagus dalam periklanan.

Akan tetapi, Evercore ISI juga menekankan App Tracking Transparency merupakan perlindungan privasi pengguna dibandingkan platform untuk dimonetisasi. Sementara itu, pihak Apple belum memberikan komentar atas dugaan ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X