The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tentang Deklarasi Nay Pyi Taw, Gen Z Perlu Simak 
Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mira Tayyiba. (ANTARA/HO-kominfo.go.id/aa. (Handout kominfo.go.id)
Tech

Tentang Deklarasi Nay Pyi Taw, Gen Z Perlu Simak 

Penting kah?

Sabtu, 29 Januari 2022 14:26 WIB 29 Januari 2022, 14:26 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung Deklarasi Nay Pyi Taw tentang transformasi digital di kawasan ASEAN.

Hal tersebut disampaikan Mira Tayyiba, Sekjen Kominfo, saat pertemuan virtual The 2nd ASEAN Digital Ministers Meeting, dikutip dari siaran pers, Sabtu.

Deklarasi Nay Pyi Taw berjudul Digital Transformation: The Engine for ASEAN Economic Recovery from Covid-19, untuk mengurangi dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi.

"Ekosistem digital yang aman dan terpercaya di kawasan di antaranya dapat diwujudkan dengan ruang siber yang aman dan tangguh bagi aktivitas digital, pemerintahan digital yang andal dengan layanan terdistribusi, kebijakan pemanfaatan teknologi digital, dan pengelolaan data digital dalam memfasilitasi perdagangan dan pertukaran data lintas batas," kata Mira Tayyiba.


Transformasi digital ini berperan sebagai akselerator pemulihan melalui panduan dan kebijakan data digital, keamanan siber dan platform dalam jaringan. Kominfo juga melihat pentingnya regulasi konten untuk menyediakan layanan berbasis digital seluas-luasnya pada jasa dan layanan publik serta pemerintahan.

Sebelumnya, dalam pertemuan ADGMIN-2 Plus Tiongkok, Kominfo menyampaikan apresiasi atas kegiatan bersama sektor ekonomi digital dan pelatihan teknis keamanan infrastruktur 5G tahun lalu.

Pertemuan itu, kata Mira, mengadopsi Rencana Aksi tentang Implementasi Kemitraan ASEAN-China untuk Kerjasama Ekonomi Digital, 2021 -2025 (Rencana Aksi Kemitraan ASEAN-China 2025).

Baca juga: Wishnutama: Pesatnya Kemajuan Teknologi Harus Sejalan dengan Peraturan Pemerintah

Sementara dalam pertemuan ADGMIN-2 Plus India, negara anggota ASEAN mengakui kemajuan yang dicapai India dalam membentuk Centers of Excellence dalam Pengembangan Perangkat Lunak (CESDT) di Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam.

Kominfo juga menyampaikan harapan bekerja sama dengan India untuk teknologi yang sedang berkembang, seperti 5G, internet of things dan pemanfaatan teknologi dalam manajemen bencana.


Artikel menarik lainnya:

TAG
Ristuyana
Ristuyana

Ristuyana

Editor
JOIN US
JOIN US