The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apple Ingin ‘Lenyapkan’ Password dengan Menggunakan Face ID dan Touch ID
Tampilan fitur Face ID di perangkat iPhone besutan Apple (photo/REUTERS/Thomas Peter)
Tech

Apple Ingin ‘Lenyapkan’ Password dengan Menggunakan Face ID dan Touch ID

Jumat, 11 Juni 2021 10:21 WIB 11 Juni 2021, 10:21 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang yang kini percaya jika sistem keamanan dengan menggunakan kata sandi atau password sudah tidak aman lagi. Pasalnya kini kata sandi sudah mudah untuk ditebak sehingga risiko diretas pun juga tinggi.

Namun saat ini sudah ada banyak sistem keamanan baru yang tersedia mulai dari penggunaan sidik jari hingga biometrik wajah.

Nah, melalui event Worldwide Developers Conference atau WWDC 2021 kemarin, perusahaan teknologi asal Cupertino, AS yaitu Apple diketahui mengumumkan hadirnya teknologi autentikasi yaitu iCloud Keychain.

Diketahui bahwa teknologi ini akan membantu para pengguna untuk masuk atau login ke dalam akun tanpa harus mengetik password melainkan memakai fitur Face ID atau Touch ID yang kini terdapat di perangkat besutan Apple.

Nantinya setiap akun milik pengguna akan memiliki password yang di-generate oleh sistem, pengguna tak perlu menghapal password tersebut karena semuanya akan terhubung ke Apple ID sehingga yang diperlukan adalah informasi terkait Face ID atau Touch ID saja.

Buat para pengembang, teknologi seperti ini bukanlah sebuah hal yang baru karena konsep ini kurang lebih sama seperti teknologi WebAuthn yang ada saat ini.

"Karena pengguna hanya perlu menekan satu kali saja untuk login, ini menjadi jauh lebih mudah, cepat, dan lebih aman daripada sistem autentikasi yang ada saat ini," ucap Authentication Experience Engineer dari Apple yaitu Garrett Davidson.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US