The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Marak Virus Corona, Amankah Pesan Makanan Secara Online?
Ilustrasi order online makanan. (Business today)
Tech

Marak Virus Corona, Amankah Pesan Makanan Secara Online?

Begini penjelasannya.

Senin, 16 Maret 2020 12:35 WIB 16 Maret 2020, 12:35 WIB

INDOZONE.ID - Memesan makanan secara online sekarang ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Terutama bagi yang tidak memiliki cukup waktu untuk makan di restoran atau memasak. Tetapi di tengah mewabahnya virus corona baru atau Covid-19, apakah aman untuk memesan makanan secara online?

Kabar baiknya, sangat kecil menemukan virus corona baru pada makanan yang dipesan secara online. Hal ini diungkapkan oleh profesor keamanan pangan di Departemen Ilmu Pangan di Cornell University, New York, Martin Wiedmann.

"Risiko tertular virus corona melalui makanan telah terbukti sangat kecil," kata Prof Wiedmann seperti yang dikutip dari New York Post, Senin (16/3/2020).

ilustrasi
Ilustrasi (Unsplash.com/Sarah Swinton)

Kebersihan dan Keamanan Makanan

Setiap restoran memiliki standar kebersihan dan keamanan dalam pengemasan makanan. Karyawan yang hendak memasak atau membungkus makanan diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Dengan begitu kebersihan makanan tetap terjamin.

Selama proses pengantaran pun, makanan dikemas dalam wadah sehingga memutus penyebaran virus maupun bakteri atau kuman lainnya. Kendati demikian, ada hal yang harus diperhatikan oleh pemesan makanan online. Mereka tetap harus mencuci tangannya sebelum makan. Ini adalah salah satu cara mencegah virus masuk ke tubuh. Sebab tangan bisa saja habis memegang benda lain yang terpapar virus, kuman, dan bakteri.

"Secara pribadi, saya tidak akan membuat perubahan dengan cara memesan atau menerima makanan. Contoh, jika memesan pizza maka saya tidak akan meninggalkan kotaknya di luar dan membawa pizza dengan tangan. Tapi pasti saya akan mencuci tangan sebelum makan pizza dengan tangan," ujar Prof Wiedmann.

ilustrasi
Ilustrasi (Unsplash.com/Markus Tourunen)

Tak Perlu Takut

Berdasarkan penjelasan di atas, bagi kamu yang ingin memesan makanan secara online, tidak perlu takut dengan penyebaran virus corona. Kamu tetap bisa melakukannya. Terlebih di situasi sekarang ini dimana banyak perusahaan dan lembaga atau institusi yang menerapkan kebijakan untuk bekerja dari rumah. Tentu godaan memesan makanan secara online juga semakin besar.

Tapi ingat, pesanlah makanan dari restoran yang kebersihannya sudah terjamin. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US