The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Snapdragon 8 Gen 1 Resmi Diumumkan, Hadirkan CPU Core ARMv9 dan Arsitektur Adreno Baru!
Ilustrasi chipset Snapdragon 8 Gen 1 besutan Qualcomm (photo/Qualcomm)
Tech

Snapdragon 8 Gen 1 Resmi Diumumkan, Hadirkan CPU Core ARMv9 dan Arsitektur Adreno Baru!

Rabu, 01 Desember 2021 09:38 WIB 01 Desember 2021, 09:38 WIB

INDOZONE.ID - Setelah banyak rumor dan bocoran yang beredar, kini Qualcomm akhirnya resmi mengumumkan Snapdragon 8 Gen 1 sebagai chipset mobile flagship barunya yang hadir dengan sejumlah peningkatan.

Salah satu poin utama dari Snapdragon 8 Gen 1 adalah chipset tersebut kini telah menggunakan CPU core baru yaitu ARMv9 dan menjadi chipset 4nm pertama buatan Qualcomm yang menggunakan arsitektur CPU tersebut.

Dikutip dari GSMArena, CPU di Snapdragon 8 Gen 1 masih hadir dengan tiga kluster yang terdiri dari core Cortex-X2 di 3,0GHz, lalu ada 3 core Cortex-A710 yang memiliki kecepatan 2,5GHz, dan terakhir ada 4 core A510 dengan kecepatan 1,8GHz.

Qualcomm pun mengatakan bahwa chipset buatannya ini mampu menghasilkan performa hingga 20% lebih cepat ketimbang chipset lamanya yaitu Snapdragon 888 namun juga meningkatkan efisiensi daya mencapai 30%.

Masuk ke bagian GPU, terdapat Adreno dengan arsitektur baru yang diklaim mampu menghasilkan 30% performa lebih baik dan efisiensi daya 25% lebih hemat. Juga terdapat fitur Elite Gaming yang memungkinkan developer game untuk menyeimbangkan performa dan juga efisiensi daya dari chipset tersebut.

Chipset tersebut juga sudah menghadirkan dukungan 5G berkat penggunaan modem X65 5G yang memiliki dukungan mmWave dan bisa mentransfer data capai 10Gbps. Untuk pertama kalinya modem ini juga sudah menduukung agregasi dari carrier untuk uplink.

Qualcomm juga menghadirkan sistem keamanan baru dengan menghadirkan Trust Management Engine yang sebenarnya sudah diumumkan sejak Snapdragon 888.

Fitur lain yang dihadirkan di chipset ini adalah dukungan WiFi 6 dan 6E, Bluetooth, Qualcomm Sensing Hub, hingga Qualcomm FastConnect System.

Rencananya smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 ini akan meluncur di akhir tahun ini, kemungkinan besar adalah Xiaomi 12 Series yang rumornya diumumkan bulan Desember tahun ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US