The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lithuania Sarankan Warganya untuk Tak Beli dan Pakai Smartphone Buatan China, Kenapa?
Ilustrasi smartphone buatan produsen asal China, Xiaomi (Ilustrasi/Unsplash/N. Tho.Duc)
Tech

Lithuania Sarankan Warganya untuk Tak Beli dan Pakai Smartphone Buatan China, Kenapa?

Kamis, 23 September 2021 10:37 WIB 23 September 2021, 10:37 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Pertahanan Lithuania baru-baru ini mengumumkan kabar mengejutkan kepada warganya. Pasalnya kini warga Lithuania disarankan untuk tidak membeli dan memakai smartphone buatan China lagi.

Pasalnya Badan keamanan siber Lithuania disebut telah menemukan beberapa smartphone buatan produsen asal China yang dijual di Eropa dibekali dengan sistem yang dapat mendeteksi dan menyensor kata tertentu.

Dikutip dari Reuters, smartphone buatan China ini nantinya dapat menyensor kata kunci seperti 'Free Tibet', 'Long Live Taiwan Indepencence', hingga 'Democracy Movement'.

Meskipun saat ini sistem tersebut sudah dimatikan melalui software update untuk wilayah Uni Eropa, tapi disebutkan bahwa fitur tersebut masih bisa diaktfikan kapan saja oleh pihak produsen tersebut.

"Kami merekomendasikan untuk tidak membeli ponsel China baru dan membuang yang sudah ada secepat mungkin," ucap Wakil Menteri Pertahanan Lithuania, Margiris Abukevicius.

Meskipun begitu, saat ini pemerintah Lithuania hanya masih melakukan himbauan dan belum berani untuk melarang produk-produk smartphone buatan China ini untuk dilarang dijual di negaranya.

Bagaimana menurut kalian tentang hal ini? Tulis pendapatmu di kolom komentar di bawah ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US