The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Polisi San Francisco Diperbolehkan Bunuh Penjahat Pakai Robot yang Dikendalikan Jarak Jauh
Ilustrasi robot. (Freepik/Kjpargeter)
Tech

Polisi San Francisco Diperbolehkan Bunuh Penjahat Pakai Robot yang Dikendalikan Jarak Jauh

Polisi San Francisco Diperbolehkan Bunuh Penjahat Pakai Robot

Kamis, 01 Desember 2022 13:05 WIB 01 Desember 2022, 13:05 WIB

INDOZONE.ID - Kepolisian San Francisco, Amerika Serikat (AS) diizinkan menggunakan robot yang dikendalikan dari jarak jauh untuk membunuh tersangka alias penjahat. 

Aturan itu diperkuat setelah Dewan Pengawas menyetujui kebijakan, yang memungkinkan robot polisi digunakan sebagai pilihan jika ada risiko kematian masyarakat atau petugas dan melebihi opsi kekuatan lain yang tersedia.

Baca Juga: Kakek-Nenek di AS Obati Rasa Kesepian dengan Anjing Robot

Namun, mengutip The Verge, Kamis (1/12/2022) Sky News melaporkan Departemen Kepolisian San Francisco (SFPD) mengatakan, mereka tidak memiliki robot yang sudah dipersenjatai dan tidak memiliki rencana untuk mempersenjatai lembaganya dengan robot mematikan tersebut.

Ilustrasi robot.
Ilustrasi robot. (Freepik/Phonlamaistudio)

Juru bicara SFPD Allison Maxie dalam sebuah pernyataan mengatakan robot di departemennya dapat dilengkapi dengan bahan peledak. 

"Untuk komunikasi, melumpuhkan, atau membingungkan tersangka kekerasan, bersenjata, atau berbahaya, (dalam) keadaan ekstrem untuk menyelamatkan atau mencegah hilangnya lebih banyak nyawa tak berdosa," tuturnya.

Saat ini SFPD memiliki 17 robot, 12 di antaranya sudah beroperasi. Mesin-mesin tersebut dibagi menjadi dua kategori: robot pelacak berukuran besar dan sedang yang digunakan untuk memeriksa atau meledakkan bahan peledak dari jarak jauh (seperti Remotec F6A dan Qinetiq Talon).

Baca Juga: Keren! Robot Anjing Ini Bisa Hentikan Penyelundupan Narkoba di Penjara

Kemudian robot yang lebih kecil yang dirancang untuk dilemparkan ke area target untuk pengintaian dan pengawasan (seperti iRobot FirstLook dan Recon Robotics Throwbot). 

Semua robot yang dimiliki oleh SFPD dirancang untuk dioperasikan terutama oleh manusia dan memiliki fungsi otonom yang terbatas.

Artikel Menarik lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US