The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bocil 9 Tahun di Dubai Buat Aplikasi iOS, Boss Apple Tim Cook Beri Apresiasi
Hana Muhammad Rafeeq, pengembang aplikasi iOS termuda. (Gulfnews)
Tech

Bocil 9 Tahun di Dubai Buat Aplikasi iOS, Boss Apple Tim Cook Beri Apresiasi

Ia jadi pengembang aplikasi iOS termuda!

Sabtu, 01 Oktober 2022 15:17 WIB 01 Oktober 2022, 15:17 WIB

INDOZONE.ID - Hana Muhammad Rafeeq, gadis cilik berusia 9 tahun asal India yang saat ini menetap di dubai berhasil membuat aplikasi iOS untuk perangkat iPhone. Pencapaian ini membuat Hana menjadi pengembang aplikasi iOS termuda.

Dilansir dari Gulfnews, aplikasi yang ia kembangkan berupa aplikasi mendongen bernama "Hanas". Dengan aplikasi ini, para orang tua dapat merekam sebuah cerita dongeng yang nantinya bisa didengarkan oleh anaknya.

Baca Juga: Robot Ini Berhasil Pecahkan Rekor Dunia! Bisa Lari Sejauh 100 Meter

Hana memamerkan aplikasi buatannya itu kepada CEO Apple, Tim Cook lewat email dan mendapatkan respons yang positif dari sang CEO. 

"Saya senang mendapat reaksinya berkat email saya. Mereka (Apple) memiliki sistem untuk memvalidasi klaim. Banyak anak muda yang membuat aplikasi," kata Hana.

Hana Muhammad Rafeeq Apple
Ilustrasi Tim Cook. (REUTERS/Robert Galbraith)

Pertama-tama, Tim Cook memberikan selamat kepada Hana karena menjadi pengembang aplikasi iOS termuda. Cook pun berharap agar Hana dapat terus melakukan hal-hal luar biasa lainnya di masa depan.

Dalam mengembangkan aplikasinya, Hana mengaku menghindari penggunaan kode, libraries, atau layanan pihak ketiga. Bahkan, 10 ribu baris kode yang ada di aplikasinya ia tulis sendiri, keren banget kan guys?

Baca Juga: Ilmuwan di China Buat Masker yang Bisa Deteksi Virus Dalam Waktu Singkat

Sang ayah menjelaskan kemampuan coding Hana didapat dari sang kakak, Leena Fathima yang satu tahun lebih tua darinya.

Dengan kemampuan coding yang dimilikinya, baik Hana maupun Leena memiliki niat untuk memberikan pelajaran coding gratis kepada para anak yatim.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Bagas Aulia Ananto
JOIN US
JOIN US