Virus Corona Dikabarkan Bakal Berdampak ke Proses Pengapalan Ponsel
Smartphone flagship dari berbagai brand (photo/AndroidPIT/David McCourt)
Tech

Virus Corona Dikabarkan Bakal Berdampak ke Proses Pengapalan Ponsel

Kamis, 13 Februari 2020 14:28 WIB 13 Februari 2020, 14:28 WIB

INDOZONE.ID - Kehadiran virus corona yang berasal dari kota Wuhan, Tiongkok ternyata sangat berdampak besar terhadap industri teknologi. Bahkan baru saja acara pameran MWC 2020 di Barcelona, Spanyol harus dibatalkan karena virus corona yang semakin berbahaya.

Counterpoint Research baru-baru ini memprediksi bahwa pengiriman smartphone di kuartal pertama tahun 2020 ini akan mengalami penurunan menjadi 63 juta unit karena kehadiran virus corona (COVID-19).

Ilustrasi test tube dengan label positif virus corona
Ilustrasi test tube dengan label positif virus corona (photo/REUTERS/Dado Ruvic)

Sebelumnya Counterpoint Research sudah melakukan estimasi dimana akan ada 90 juta unit smartphone yang dikapalkan. Namun angka tersebut akhirnya menurun setelah virus corona mulai mewabah dan menyebar di beberapa negara besar.

Apalagi vendor smartphone asal Tiongkok seperti Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, OnePlus, dan Realme harus menghadapi masalah yang cukup besar dimana mereka akan kehilangan jumlah penjualan smartphone dengan cukup signifikan.

Logo Huawei
Logo Huawei (photo/REUTERS/Toby Melville)

Bahkan Apple yang merupakan vendor smartphone non-Tiongkok saja juga harus mengalami dampak virus corona tersebut. Pasalnya pabrik perakitan iPhone yang terletak di Tiongkok harus terpaksa berhenti beroperasi selama beberapa hari.

Diprediksi bahwa efek virus corona ini masih akan terus dirasakan oleh vendor smartphone sampai 3 atau 4 bulan ke depan. Tergantung kepada virus corona yang sudah berhasil dimusnahkan atau tidak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU