Situs E-commerce di Indonesia Kini Diwajibkan Pakai Domain .id
photo/IDwebhost
Tech

Situs E-commerce di Indonesia Kini Diwajibkan Pakai Domain .id

Rabu, 11 Desember 2019 19:20 WIB 11 Desember 2019, 19:20 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Indonesia baru saja menerapkan sebuah aturan baru dimana seluruh platform e-commerce yang ada di Indonesia diwajibkan untuk menggunakan domain .id.

Aturan yang telah tercantum di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tersebut tentu akan berdampak kepada situs e-commerce Indonesia seperti BukaLapak dan juga Tokopedia. Pasalnya dua situs tersebut menggunakan domain .com.

Diketahui bahwa peraturan tersebut dibuat agar seluruh situs e-commerce di Indonesia dapat lebih mudah dikenali karena domain .id tersebut menandakan bahwa situs tersebut adalah situs yang berasal dari Indonesia.

Namun banyak yang mengkritik peraturan tersebut dan mengatakan bahwa penggantian domain sebuah situs e-commerce tidak mudah dan dapat mengganggu layanan tersebut.

Apalagi setiap situs e-commerce pasti memiliki pengaturan di Google Ads untuk mempromosikan website mereka. Jika domain situs diubah, maka pengaturan Google Ads tersebut juga harus diubah total sehingga membutuhkan cost yang cukup besar.

Salah satu cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan mengarakan (direct) para pengguna yang mengakses situs dengan domain .com ke situs dengan domain .id. Hal tersebut membuat pengguna tidak bingung ketika mengakses situs e-commerce yang ingin mereka tuju.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US