The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

AMD Akhirnya Sukses Salip Intel dari Pangsa Pasar CPU Desktop!
Ilustrasi logo perusahaan AMD (Ilustrasi/INDOZONE/Ferry Andika)
Tech

AMD Akhirnya Sukses Salip Intel dari Pangsa Pasar CPU Desktop!

Kamis, 07 Januari 2021 09:51 WIB 07 Januari 2021, 09:51 WIB

INDOZONE.ID - Selama bertahun-tahun, AMD dan Intel terus bersaing di industri CPU. Menghadirkan CPU terbaru yang hadir dengan performa tertinggi atau dengan harga murah, tampaknya saat ini AMD mulai menunjukkan taringnya.

Ya, pasalnya setelah sekitar 14 tahun Intel menguasai pangsa pasar CPU Desktop, kini AMD akhirnya sudah berhasil menyalip Intel dengan jajaran CPU Ryzen baru buatannya yang hadir dengan performa lebih bagus.

Informasi tersebut pun diketahui dari laporan situs PassMark, dimana terlihat bahwa pangsa pasar dari CPU Desktop kini sudah diungguli oleh AMD dengan persentase sebesar 50,6%.

Grafik pangsa pasar CPU Desktop di Q1 tahun 2021
Grafik pangsa pasar CPU Desktop di Q1 tahun 2021 (photo/PassMark)

Tentu saja ini merupakan salah satu pencapaian besar bagi AMD karena terakhir kali AMD menguasai pasar CPU Desktop adalah di tahun 2006 lalu dengan jumlah persentase sebesar 53,9%.

Meskipun begitu, penggunaan CPU AMD selain di Desktop seperti laptop hingga server masih sangat rendah. Untuk laptop sendiri, saat ini pangsa pasar laptop masih dikuasai Intel dengan persentase 82%. Sementara itu untuk server sendiri, 99,2% server yang ada di dunia masih menggunakan CPU buatan Intel.

Grafik pangsa pasar CPU laptop di Q1 tahun 2021
Grafik pangsa pasar CPU laptop di Q1 tahun 2021 (photo/PassMark)

Memang membutuhkan waktu yang lama bagi AMD untuk bisa menguasai pangsa pasar CPU keseluruhan. Tapi apa yang mereka capai di sektor CPU Desktop saat ini bisa dibilang menjadi satu pencapaian besar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US