The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Beberapa Fungsi Timestamp pada Video di Youtube
Ilustrasi Youtube. (Pexels/Freestocks.org)
Tech

Ini Beberapa Fungsi Timestamp pada Video di Youtube

Sudah tahu?

Kamis, 17 September 2020 14:06 WIB 17 September 2020, 14:06 WIB

INDOZONE.ID - Sebagai platform atau media berbagi video secara online terbesar saat ini, Youtube selalu melakukan berbagai macam inovasi demi memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Tak hanya untuk para penikmat video saja, namun juga untuk para pembuat konten video di Youtube.

Inovasi yang dilakukan oleh Youtube terkadang dapat membuat kontroversi, seperti adanya penambahan iklan ke dalam konten oleh Google pada tahun 2007 silam. Akan tetapi, ada pula inovasi yang nyaris tidak disadari oleh sebagian besar para penggunanya seperti fasilitas timestamp. 

Timestamp adalah istilah yang digunakan untuk setiap cap atau tanda pada video yang bisa digunakan untuk meloncat dari satu bagian video ke bagian lainnya berdasarkan waktu yang tercantum melalui kolom deskripsi atau komentar. Meski jarang disadari oleh para penggunanya, timestamp memiliki banyak manfaat.

Fungsi timestamp pada Youtbe
Ilustrasi seseorang menonton Youtube. (PexelsPixabay)

Seperti fungsi utamanya, timestamp berguna untuk membuat video terbagi menjadi beberapa bagian. Biasanya hal ini berguna pada video yang bersifat informatif dengan beberapa topik yang berbeda di dalamnya. Para pembuat konten video di Youtube dapat membuat list atau daftar pada kolom deskripsi untuk mengarahkan penonton pada setiap segmen yang ada di dalam video tersebut.

Selain itu, dengan adanya timestamp, penonton bisa dengan mudah menentukan informasi apa saja yang perlu mereka lihat pada video tersebut tanpa harus menonton secara keseluruhan. Sebab, terkadang penonton hanya ingin melihat hal-hal yang paling menarik dari video tersebut.

Pada umumnya, timestamp akan disampaikan oleh para penonton ke dalam kolom komentar untuk mengarahkan penonton lainnya menemukan bagian yang terbaik bagi mereka atau bagian terburuk untuk dikritik. 

Nah, itu tadi penjelasan sederhana mengenai timestamp. Apakah kamu termasuk orang yang sering menggunakan fitur timestamp atau justru baru menyadarinya setelah membaca artikel ini?


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US