Facebook Merilis Aplikasi Kencan, Temukan Secret Crush Kamu!

- Jumat, 6 September 2019 | 14:05 WIB
Aplikasi Kencan Facebook (Facebook)
Aplikasi Kencan Facebook (Facebook)

Facebook bukan hanya peduli pada jaringan sosialmu, tetapi juga pada hubungan kencan atau percintaanmu. 

Pada hari Kamis, Facebook resmi meluncurkan aplikasi layanan kencan. Aplikasi ini ditujukkan untuk kamu mencari 'crush.' Facebook dating sebagai aplikasi layanan kencan menghadirkan fitur utama yang dinamakan Secret Crush (pengagum rahasia).

Dalam fitur Secret Crush, pengguna bisa memilih sembilan teman dari Facebook dan followers Instagram yang diminati. Fitur ini akan bekerja dengan cara, orang-orang yang kamu pilih akan diberi tahu jika mereka terdaftar sebagai 'Secret Crush' mu jika kamu juga menjadi daftar pilihannya, jika tidak maka akan tetap menjadi rahasia. 

-
Aplikasi kencan Facebook (Facebook)

Layanan kencan Facebook Dating kini sudah tersedia di 20 negara di seluruh dunia. Aplikasi kencan ini akan bertautan dengan Instagram untuk menjangkau generasi Milenial dan Gen Z. 

Aplikasi kencan ini dilihat Facebook mungkin mengambil keuntungan dari status Instagram sebagai aplikasi yang lebih sering disukai dan digunakan di kalangan Milenial dan Gen Z, yang merupakan demografi kunci dalam dunia kencan digital. 

Facebook Dating kali ini belum akan menampilkan iklan untuk pengguna, seperti yang dikutip dari Recode, 

"Facebook sepertinya puas membiarkan kencan berfungsi sebagai alasan lain bagi kaum muda untuk membuka aplikasi dan membiarkan Facebook masuk ke dalam kehidupan pribadi mereka."

Tetapi, aplikasi ini akan membiarkan Facebook mengumpulkan lebih banyak informasi dari pengguna. Informasi ini mungkin akan lebih mendalam dan relevan dengan apa yang sebenarnya disukai dan dipikirkan pengguna. Ini bisa dijadikan dasar promosi penjualan oleh Facebook

Namun, data yang Facebook Dating dapatkan akan bermanfaat untuk pengguna,

"Kencan Facebook memudahkan pengguna menemukan cinta melalui apa yang mereka sukai, membantu memulai hubungan yang bermakna melalui kesamaan yang pengguna miliki, seperti minat, acara, dan grup," bunyi baris pertama siaran pers yang dikutip dari Vox.

Bukan tanpa alasan, Facebook menggandeng Instagram dalam aplikasi ini, Reporter Informasi, Alex Heath mengemukakan dalam Twitter. 

"Facebook benar-benar ingin aplikasi biru tersebut untuk menjalin teman atau koneksi dan ingin Instagram lebih condong ke merek atau selebriti."

Apakah orang-orang akan menggunakannya? 

Mungkin Facebook telat dalam permainan aplikasi kencan, namun terdapat pasar yang sangat menguntungkan. Analis memperkirakan pasar bisa bernilai US$12 miliar pada tahun 2020, dan Match Group, yang memiliki hampir semua aplikasi kencan paling populer selain Bumble, memperoleh pendapatan US$1,7 miliar tahun lalu.

Meskipun Facebook mengatakan belum berencana untuk menghasilkan uang diaplikasi ini, namun para eksekutif Facebook mengatakan,

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X