Awas! Marak Penipuan Buka Blokir Tagihan Telkom dan Indihome, Gini Biar Gak Jadi Korban

- Kamis, 19 Januari 2023 | 18:44 WIB
Marak penipuan untuk membuka blokir tagihan Telkom dan Indihome untuk menguras rekening pelanggan. (REUTERS/Kacper Pempel)
Marak penipuan untuk membuka blokir tagihan Telkom dan Indihome untuk menguras rekening pelanggan. (REUTERS/Kacper Pempel)

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengimbau pelanggan Telkom dan IndiHome, untuk berhati-hati terhadap modus penipuan berkedok customer service palsu. Pelaku berpura-pura menjadi customer service untuk membuka blokir tagihan atau tunggakan, untuk menguras rekening korban.

Karena itu, pihak Telkom pun meminta para pelanggannya untuk berhati-hati.

"IndiHome mengimbau kepada pelanggan dan seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap berbagai macam modus penipuan yang mengatasnamakan Telkom," ujar VP Marketing Management Telkom E Kurniawan dalam keterangan tertulis, Kamis (19/1/2023).

Dia menjelaskan, pelaku menjalankan aksinya dengan bermodus menjadi customer service palsu. Setelah terhubung dengan customer service palsu, korban diminta untuk menekan angka 9 atau 1 di telepon.

Baca Juga: Klik Link Tak Jelas, Cara Kerja Pembobol Ratusan Rekening Beraksi dengan Metode Phising

Kemudian pelaku akan menyampaikan bahwa nomor pelanggan telah disalahgunakan, sehingga adan tunggakan yang harus diselesaikan dan akan diteruskan kepada pihak yang berwenang. Ujungnya, korban akan kehilangan uang dalam rekening yang dikuras oleh para pelaku.

Kurniawan menjelaskan, ada tiga hal yang dapat dilakukan masyarakat agar tak menjadi korban kejahatan ini. Pertama, pelanggan diharapkan untuk senantiasa menjaga kerahasiaan data pribadi yang dimiliki, seperti nomor KTP, OTP, dan nomor rekening tabungan.

Kedua, pelanggan diharapkan untuk tidak melakukan kegiatan transaksi apapun yang ditujukan ke nomor rekening pribadi, maupun menanggapi telepon yang mengatasnamakan Telkom yang diterima dari nomor personal tidak dikenal.

Telkom, kata dia, akan menggunakan kanal resmi untuk menjalankan mekanisme tagihan dan memproses transaksi.

Baca Juga: Waduh! Nikah dari Hasil Bobol Rekening, Pasutri Ini Bulan Madu di Kantor Polisi

"Jika pihak kami harus menghubungi pelanggan melalui sambungan telepon, tidak akan bertanya terkait data penting pelanggan. Pelanggan bisa mengonfirmasi informasi tersebut ke kanal resmi kami di media sosial indihomecare, contact center 147, maupun Grapari TelkomGroup terdekat,” lanjut Kurniawan.

Langkah terakhir untuk menghindari tindak penipuan, pelanggan IndiHome maupun Telkom dapat mengonfirmasi informasi yang didapat dengan menghubungi kanal resmi IndiHome, atau secara langsung datang ke Grapari TelkomGroup terdekat.

Pastikan juga melakukan pembayaran tagihan Telkom secara langsung melalui kanal pembayaran resmi, yang sudah diinformasikan. Jangan pernah mau melakukan pembayaran melalui nomor rekening tujuan berupa nama perseorangan atau pribadi.

Pelanggan pun akan selalu menerima informasi laporan tagihan lengkap setiap bulan yang dikirim oleh Telkom ke email pribadi pelanggan.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X