The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

WhatsApp Tegaskan Percakapan Tetap Terlindung Enkripsi, Tak Bisa Dibaca Facebook Sekalipun
Ilustrasi WhatsApp (Unsplash)
Tech

WhatsApp Tegaskan Percakapan Tetap Terlindung Enkripsi, Tak Bisa Dibaca Facebook Sekalipun

Rabu, 13 Januari 2021 11:46 WIB 13 Januari 2021, 11:46 WIB

INDOZONE.ID - WhatsApp yang kini berada di bawah naungan Facebook, menuai protes keras dari penggunanya beberapa waktu belakangan karena pengubahan aturan privasi.

Terbaru, WhatsApp mengklarifikasi bahwa seluruh percakapan tetap terlindung enkripsi sehingga tidak bisa dibaca, bahkan oleh pihak WhatsApp dan Facebook.

"Seluruh chat pengguna masih dilindungi enkripsi end-to-end, yang artinya siapapun –– termasuk WhatsApp dan Facebook –– tidak dapat membaca isi pesan pengguna," jelas WhatsApp, dilansir dari Antara, Selasa (12/1/2020).

WhatsApp menegaskan kebijakan privasi tidak berpengaruh terhadap percakapan, baik pribadi maupun dalam grup.

Kebijakan privasi terbaru ini hanya berlaku untuk percakapan dengan akun WhatsApp Business yang menggunakan API WhatsApp Business dan memilih penyedia hosting di luar WhatsApp.

Bisnis bisa menggunakan infrastruktur hosting Facebook, sehingga percakapan dengan akun WhatsApp Business akan disimpan di server Facebook.

Jika pengguna berkomunikasi dengan akun Business yang menggunakan penyimpanan di luar WhatsApp, platform akan menampilkan pemberitahuan di obrolan tersebut.

"Pengguna kemudian berhak dan bebas memilih apakah mereka mau berinteraksi dengan bisnis tersebut atau tidak. Percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan aplikasi gratis WhatsApp Business, maupun yang menggunakan WhatsApp Business API, tapi, tetap menggunakan layanan hosting WhatsApp, masih terlindungi enkripsi end-to-end seperti biasa," kata WhatsApp.

WhatsApp menegaskan mereka tidak bisa melihat pesan, mendengar telepon, tidak mencatat dan menyimpan pesan dan panggilan, juga tidak bisa melihat lokasi yang dibagikan. WhatsApp juga tidak membagikan kontak pengguna kepada Facebook.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US