The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Uni Eropa Paksa Apple untuk Gunakan USB Type-C di iPhone Barunya
Kabel Lightning untuk iPhone (photo/SlashGear)
Tech

Uni Eropa Paksa Apple untuk Gunakan USB Type-C di iPhone Barunya

Rabu, 15 Januari 2020 10:19 WIB 15 Januari 2020, 10:19 WIB

INDOZONE.ID - Uni Eropa baru-baru ini telah resmi menetapkan undang-undang baru dimana seluruh produsen smartphone harus menggunakan konektor yang seragam. Jenis konektor yang dimaksud tersebut adalah USB Type-C.

Pihak Komisi Eropa menetapkan peraturan baru tersebut demi mengurangi limbah elektronik. Dengan menggunakan port yang sama, tentu proses daur ulang limbah elektronik akan semakin mudah dilakukan nantinya.

USB Type-C Port di Galaxy S10
USB Type-C Port di Galaxy S10 (photo/AndroidCentral)

Tentu hal ini bukanlah masalah bagi produsen smartphone seperti Huawei, Samsung, hingga OnePlus. Pasalnya mereka kini sudah menggunakan port USB Type-C di perangkat terbaru mereka baik dari sektor mid-range hingga flagship.

Namun bagi Apple, peraturan ini tentu menjadi masalah besar baginya. Pasalnya selama ini Apple menggunakan port Lightning di perangkat iPhone mereka dan belum beralih ke USB Type-C.

Lightning Port di iPhone
Lightning Port di iPhone (photo/DigitalTrends)

Saat ini undang-undang tersebut akan menjalani keputusan final melalui pemungutan suara. Jika undang-undang ini resmi diberlakukan, maka Apple mau tidak mau harus meninggalkan port Lightning mereka.

Sampai saat ini saja masih belum diketahui apakah iPhone terbaru Apple yang diluncurkan tahun 2020 ini akan menggunakan port USB Type-C atau tidak. Banyak pengguna yang sudah menunggu Apple untuk menghadirkan port tersebut di perangkatnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US