The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Konflik Sengketa Wilayah Memanas, India Blokir TikTok dan WeChat
Kiri: Ilustrasi aplikasi TikTok. (unsplash/Kon Karampelas). Kanan: Ilustrasi aplikasi WeChat. (BIA Group)
Tech

Konflik Sengketa Wilayah Memanas, India Blokir TikTok dan WeChat

Selasa, 30 Juni 2020 10:16 WIB 30 Juni 2020, 10:16 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah India memblokir 59 aplikasi, yang sebagian besarnya dibuat oleh Tiongkok. Adapun aplikasi yang masuk dalam daftar blokir India, ialah TikTok, WeChat, UC Browser dan dua aplikasi Xiaomi.

Pemblokiran tersebut dilakukan sejak sengketa perbatasan antara India dan Tiongkok di daerah Himalaya, memanas di bulan ini yang mengakibatkan 20 orang tentara India meninggal dunia.

pemerintah India blokir Tiktok
Ilustrasi aplikasi TikTok. Salah satu aplikasi yang diblokir pemerintah India. (REUTERS/Dado Ruvic)

Sementara itu, dilansir dari Reuters, Kementerian teknologi India pada Senin (29/6/2020), mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara dan ketertiban umum.

Menyusul kebijakan tersebut, Google dan Apple harus menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dari toko Android dan iOS. Kini, Google tengah menunggu perintah dari Pemerintah India.

"Ini adalah langkah tercepat dan paling kuat yang bisa diambil pemerintah untuk memberikan tekanan ekonomi pada perusahaan-perusahaan China," kata Santosh Pai, dari firma hukum India Link Legal, yang menjadi konsultan beberapa perusahaan Tiongkok, dilansir dari Reuters.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Putri
Zega

Zega

Editor
Putri

Putri

Writer
JOIN US
JOIN US