Badan riset IDC baru-baru ini telah merilis laporan terkait perkembangan penjualan perangkat wearable di Tiongkok selama kuartal pertama tahun 2020 ini. Diketahui bahwa terdapat sejumlah perubahan yang terjadi akibat beberapa hal, salah satunya COVID-19.
Diketahui bahwa kehadiran COVID-19 membuat jumlah pengapalan perangkat wearable di Tiongkok menurun sebesar 11% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun lalu.
Selain itu, diketahui bahwa Huawei kini juga sudah berhasil menyalip Xiaomi sehingga kini mereka telah menjadi pemimpin pasar wearable baru di Tiongkok. Huawei dikatakan sukses mengapalkan 4,28 juta unit perangkat wearable di Q1 tahun 2020 ini.
Dengan ini, maka Xiaomi pun harus turun ke posisi kedua karena memiliki jumlah pengiriman sebanyak 4,14 juta unit saja. Meskipun begitu, Xiaomi masih berada di atas Apple.
Tak hanya perangkat wearable, untuk kategori smartwatch, Huawei juga masih memimpin dengan market share 47,8% di Q1 2020. Sementara di posisi kedua ada Apple yang memiliki market share 14,6%.
Diketahui Xiaomi kalah dari Apple untuk masalah pengiriman smartwatch karena saat ini salah satu perangkat wearable buatan Xiaomi yang paling laris adalah Mi Band yang tidak termasuk ke dalam kategori smartwatch melainkan smartband.