The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Canggih, Satelit Ini Bisa Diprogram Ulang Tanpa Perlu Kembali ke Bumi!
Ilustrasi satelit yang sedang terbang di orbit Bumi (Ilustrasi/Unsplash/NASA)
Tech

Canggih, Satelit Ini Bisa Diprogram Ulang Tanpa Perlu Kembali ke Bumi!

Selasa, 03 Agustus 2021 13:50 WIB 03 Agustus 2021, 13:50 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini satelit komunikasi Eutelsat Quantum telah meluncur dari Guyana Prancis hari Jumat (30/7) waktu setempat. Satelit itu mengundang perhatian banyak orang karena kecanggihan yang dimilikinya.

Lepas landas dengan menggunakan roket Ariane 5, disebutkan bahwa satelit Quantum ini memiliki fitur yaitu dapat dimodifikasi dan diprogram ulang secara real-time tanpa harus kembali ke Bumi.

Seperti yang kita ketahui, satelit pada umumnya diprogram dari Bumi dan kemudian diluncurkan ke orbit Bumi. Setelah diluncurkan, satelit tersebut tidak dapat dimodifikasi secara keseluruhan sehingga harus menunggu masa aktifnya selesai.

Dikutip dari The Guardian, satelit Quantum tersebut diketahui bisa dimodifikasi secara bebas dari Bumi yang diperkirakan memiliki jarak 35 ribu kilometer.

Dengan hal tersebut, diharapkan satelit ini dapat memiliki masa pakai yang lebih lama hingga 15 tahun karena pengelola satelit tersebut bisa melakukan upgrade atau mengubah fungsi satelit itu secara keseluruhan dengan mudah.

Bahkan proses komunikasi dengan satelit tersebut hanya perlu membutuhkan waktu beberapa menit saja mengingat jarak antara satelit dengan permukaan Bumi tersebut masih tidak terlalu jauh.

Hal ini tentunya juga bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan lain agar membuat satelit yang lebih canggih dan bisa bertahan lebih lama di luar angkasa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US