The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fix! Robot Asimo Dimatikan, Honda: Sudah Siapkan Penggantinya
Aksi robot Asimo produksi Honda Motor Co Ltd, saat Asimo World Tour di Surabaya, Jumat (25/7). Asimo yang merupakan robot humanoid setinggi 130 Cm dan berat 54 Kg ini, diharapkan mampu menjadi sahabat dan asisten manusia. (ANTARA/Eric Ireng/ss/ama/08)
Tech

Fix! Robot Asimo Dimatikan, Honda: Sudah Siapkan Penggantinya

Minggu, 27 Maret 2022 21:12 WIB 27 Maret 2022, 21:12 WIB

INDOZONE.ID - Asimo meninggal? Fix, pihak Honda Motor Co. pastikan robot humanoid Asimo masuk usia pensiun. 20 tahun hidup sebagai mesin di dunia, gimmick kecerdasan buatan Honda ini tidak bakal tampil menggemaskan lagi di depan publik.

Honda Jepang mengumumkan mulai Kamis (31/3/2022) Asimo diberhentikan dari tugas sebagai alat demonstrasi berjalan dan menari di ruang pamer.

Sejak debutnya pada 2000 silam, Asimo menjadi simbol dari perintis teknologi robot Jepang, menguasai kemampuan berlari, melompat dengan satu kaki, berbicara bahasa isyarat menggunakan lima jari dan menuangkan kopi ke dalam cangkir kertas dari sebuah tumbler.

Meski tidak digunakan lagi, Honda mengatakan akan melanjutkan penjualan barang Asimo setelah robot pensiun, menjaga karakter tetap aktif. Asimo adalah singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility.

Baca juga: Meluncur di IIMS 2022, SUV Chery Tiggo Tawarkan Fitur Keselamatan Terkini

Ada pengganti? Robot Avatar. Dikutip dari Kyodo, Minggu (27/3/2022), September 2021 pihak Honda mengumumkan rencana untuk mengembangkan robot avatar, yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikannya secara virtual dari lokasi yang jauh.

Robot baru akan dilengkapi dengan tangan multi-jari dan fungsi remote control asli yang didukung AI, kata perusahaan itu.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Ristuyana
Ristuyana
Editor
JOIN US
JOIN US