Inilah 3 Jenis Protokol Keamanan Pada Jaringan WiFi Saat ini
photo/Unsplash/Webaroo
Tech

Inilah 3 Jenis Protokol Keamanan Pada Jaringan WiFi Saat ini

Sabtu, 14 Desember 2019 13:47 WIB 14 Desember 2019, 13:47 WIB

INDOZONE.ID - WiFi saat ini merupakan salah satu teknologi modern yang digunakan untuk mengirim atau menukar data dan juga koneksi jaringan secara nirkabel atau tidak membutuhkan kabel/arus listrik sama sekali.

Saat ini WiFi sendiri banyak digunakan untuk mengirimkan koneksi internet ke perangkat seperti komputer, laptop, dan juga smartphone. Namun dibalik semua itu, ternyata ada beberapa jenis protokol keamanan yang terdapat di teknologi WiFi.

WiFi
photo/Unsplash/Misha Feshchak

Berikut adalah 3 jenis protokol keamanan WiFi yang #KAMUHARUSTAU:

1. WEP (Wired Equivalent Privacy)

Protokol keamanan WEP sendiri merupakan yang pertama kali diluncurkan dan diratifikasi oleh IEEE 802.11 pada tahun 1999 lalu. Jenis protokol keamanan ini tidak cukup aman untuk pengguna WiFi karena memiliki banyak celah yang mudah dibobol oleh hacker.


2. WPA (WiFi Protected Access)

Karena WEP dianggap tidak aman, WiFi Alliance diketahui mengembangkan sebuah protokol baru yang diberi nama WPA. WPA sendiri diketahui masih memiliki metode enkripsi yang sama dengan WEP yaitu RC4 namun dilengkapi lagi dengan TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) untuk meningkatkan kemampuan enkripsi.


3. WPA2 (WiFi Protected Access 2)

WPA2 saat ini menjadi protokol WiFi paling kuat. Perbedaan antara protokol WPA2 dengan WPA adalah dari hal integritas data dan juga metode enkripsi. Pasalnya WPA2 sendiri menggunakan metode enkripsi AES (Advanced Encryption Standard) yang jauh lebih kompleks dari RC4.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU