The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pengakuan Menkominfo Sempat Blokir Steam Cs: Ini demi Kembangkan Industri Game Lokal
Menkominfo Johnny G Plate. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Tech

Pengakuan Menkominfo Sempat Blokir Steam Cs: Ini demi Kembangkan Industri Game Lokal

Punya maksud baik

Kamis, 04 Agustus 2022 13:12 WIB 04 Agustus 2022, 13:12 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI sempat memblokir sejumlah platform game seperti Steam dan Epic Games karena tak terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menjelaskan, pemerintah punya maksud baik sehingga melakukan pemblokiran.

Baca Juga: Waduh! Johnny G Plate Sebut Kominfo Bisa Saja Lakukan Pemblokiran PSE Lagi

"Kewajiban pendaftaran ini salah bentuk peningkatan akuntabilitas PSE di Indonesia, bukan membatasi perkembangan platform digital di Indonesia," ujar Menkominfo Johnny G Plate dalam konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, mengutip Antara, Kamis (4/8/2022).

"Melalui hal tersebut, pemerintah bisa menghadirkan kebijakan yang lebih baik untuk perkembangan industri sektor digital, termasuk industri game lokal," tambahnya.

Lebih lanjut katanya, program Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) merupakan salah satu upaya Kominfo dalam mendongkrak perkembangan sektor game dalam negeri.

"Sehingga industri game lokal bisa maju dan bertumbuh, serta mudah-mudahan berkontribusi terhadap perekonomian digital Indonesia," ucap Johnny.

Johnny turut mengajak agar masyarakat lebih mengutamakan penggunaan layanan yang sudah terdaftar sebagai PSE Lingkup Privat Kominfo.

"Hindari penggunaan sistem elektronik yang tidak terdaftar di Indonesia. Hal ini untuk meminimalisir potensi kerugian yang mungkin ditimbulkan kejadian tindak pidana di dalam PSE tersebut," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US