The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

LG Chem Bikin Baterai dari Bahan Plastik yang Tahan Api, Anti Terbakar
LG Chem sedang kembangkan produk baru untuk cegah kebakaran baterai untuk mobil listrik (ANTARA/LG)
Tech

LG Chem Bikin Baterai dari Bahan Plastik yang Tahan Api, Anti Terbakar

Serius?

Rabu, 18 Mei 2022 06:31 WIB 18 Mei 2022, 06:31 WIB

INDOZONE.ID - Perusahaan teknologi ternama asal Korea Selatan, LG Chem tengah mengembangkan baterai EV yang anti terbakar dengan media plastik.

Dilansir carscoops, Selasa (17/5/2022) produk penghalang api canggih baru yang dibuat oleh LG Chem adalah produk plastik rekayasa yang sangat fungsional yang terbuat dari berbagai komposit termasuk resin polifenilen oksida (PPO) dan poliamida (PA).

Baca juga: Netflix Hadirkan Fitur Siaran Langsung


Mereka melanjutkan dengan mengatakan, pengujian menunjukkan produk tersebut mampu "mencegah penyebaran api yang disebabkan oleh propagasi termal selama lebih dari sepuluh menit pada suhu 1.000 ° C (1.832 ° F), 10 kali lebih lama dari plastik umum."

LG Chem mengklaim ini adalah "kinerja tahan api terpanjang di dunia" dan mencatat bahwa produk plastik mempertahankan bentuknya di bawah kondisi suhu yang berubah dan ekstrim.

Dalam hal ini, pengembangan ini dirasa sangat penting. Karena, perusahaan mencatat pelarian termal adalah penyebab utama kebakaran dari baterai yang ada pada kendaraan listrik.

Seperti yang mereka sudah jelaskan, berbagai penyebab stres dapat menyebabkan panas menumpuk di dalam sel baterai dan ketika sel baterai melebihi ambang batas suhunya, kebakaran dapat terjadi karena korsleting yang dipicu oleh faktor-faktor seperti pengisian daya yang berlebihan dan pengosongan yang berlebihan.

Meskipun risiko kebakaran tidak pernah dapat sepenuhnya dihilangkan, produk plastik akan memberi pengemudi dan penumpang lebih banyak waktu untuk mengungsi jika baterai rusak dan terlalu panas.

Produksi dijadwalkan mulai tahun depan dan perusahaan tersebut sudah dalam proses mendapatkan paten di Korea, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa terpilih.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Ristuyana
Ristuyana

Ristuyana

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US