The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Semakin Gali Potensi Ekonomi Digital, Google Salurkan Dukungan UKM dan 10 Ribu Beasiswa
Google. (Unsplash/Alex Dudar)
Tech

Semakin Gali Potensi Ekonomi Digital, Google Salurkan Dukungan UKM dan 10 Ribu Beasiswa

Selasa, 24 Mei 2022 17:35 WIB 24 Mei 2022, 17:35 WIB

INDOZONE.ID - Google tampaknya semakin yakin akan pertumbuhan arus ekonomi digital Indonesia di masa mendatang. Perusahan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut mengumumkan akan memberikan dukungan kepada pelaku UKM dan ribuan beasiswa untuk orang Indonesia.

''Google berkomitmen untuk terus mendukung UKM, pencari kerja, dan pelajar Indonesia guna meningkatkan partisipasi mereka dalam ekonomi digital serta mempercepat pemulihan ekonomi,'' ujar Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf dalam keterangannya, dikutip Selasa (24/5/2022)

Baca Juga: Google Targetkan Potensi Ekonomi Digital Indonesia: Mencapai USD140 Miliar

Melansir Antara, Selasa (24/5/2022), program yang dirancang oleh Google untuk membangkitkan perekonomian Indonesia pasca pandemi ini ditujukan untuk pekerjaan tingkat pemula sebagai analis data. 

Dalam program khusus yang dinamakan Google Certificates ini, nantinya akan ada 10.000 orang Indonesia yang akan diajarkan cara mengumpulkan, mengubah, hingga menyusun data untuk memberikan wawasan dan analisis baru kepada bisnis atau perusahaan.

Hal ini pun dilatari oleh harapan Google yang ingin membantu ribuan orang Indonesia menemukan pekerjaan yang layak di era ekonomi digital yang tengah berkembang pesat.

Mengingat menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran Indonesia yang hampir menyentuh angka 18 persen dari kalangan usia 20 hingga 24 tahun. 

"Kami harap dengan memberikan kursus gratis dalam program Google Certificates di bidang Data Analytics, kami dapat membantu ribuan orang Indonesia menemukan pekerjaan yang bergaji cukup tinggi dalam ekonomi digital yang sedang berkembang pesat saat ini," tutur Randy.

Bukan hanya itu saja, bersama Kiva, lembaga non-profit Google, akan memberikan memberikan total 10 juta dolar AS modal pinjaman yang akan dialokasikan untuk memberikan pinjaman bagi usaha kecil di seluruh Indonesia.

Melalui mitra keuangan mikro, Nusa Ummat Sejahtera (NUS), tahap kedua sebesar 2 juta dari total 10 juta dolar AS akan segera disalurkan.

Adapun di sektor pendidikan, Google melalui cabang filantropinya, Google.org, telah mengumumkan untuk memberika bantuan dana sebesar 500 ribu AS kepada Bebras Indonesia untuk membantu memberikan pelatihan keterampilan computational thinking kepada lebih banyak guru.

Penulis: Safira Meidina

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Indozone
Ristuyana

Ristuyana

Editor
Indozone

Indozone

Writer
JOIN US
JOIN US