The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Tanda Jaringan WiFi Gratisan yang Dapat Sadap Smartphone Kamu
photo/Unsplash/Bernard Hermant
Tech

Inilah Tanda Jaringan WiFi Gratisan yang Dapat Sadap Smartphone Kamu

Kamis, 05 Desember 2019 14:27 WIB 05 Desember 2019, 14:27 WIB

INDOZONE.ID - Kalian pasti pernah atau sering menggunakan akses WiFi publik yang terdapat di Mall atau restoran. Ya, pasalnya kita bisa mendapatkan akses internet secara gratis dan juga mudah.

Namun apakah kamu tau bahwa menggunakan WiFi publik tersebut cukup berbahaya? Pasalnya ada resiko data pribadi pengguna yang terdapat di perangkat yang terkoneksi WiFi tersebut diretas oleh hacker.

WiFi Free
photo/Unsplash/Bernard Hermant

Lalu bagaimana cara mengetahui dan mengenali WiFi publik gratisan yang berbahaya? Berikut adalah ciri-cirinya:

1. Memiliki nama (SSID) yang aneh

Jika kalian melihat sebuah WiFi dengan nama yang cukup aneh, maka lebih baik untuk tidak menghubungkan perangkat kalian ke jaringan tersebut karena kita tidak tahu siapa pemilik jaringan WiFi tersebut.


2. Tak memiliki laman 'Terms of Service'

Sebuah WiFi publik biasanya memiliki halaman Terms of Service yang dapat diakses oleh pengguna sebelum terkoneksi ke WiFi tersebut. Jika tidak ada, maka kalian harus hati-hati terhadap WiFi tersebut.


3. Tidak memiliki password

Memang kebanyakan WiFi publik gratisan tidak dilengkapi oleh password sehingga pengguna dapat dengan mudah menghubungkan perangkat mereka ke WiFi tersebut. Namun hal tersebut juga dimanfaatkan hacker untuk mendapatkan korban.


4. Aplikasi tiba-tiba berhenti bekerja / error

Ciri-ciri yang terakhir adalah tiba-tiba saja aplikasi smartphone kalian berhenti bekerja secara misterius. Hal tersebut bisa saja terjadi karena hacker sudah berhasil mengambil alih smartphone kalian.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US