The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Cek Resi JNE Secara Online
Ilustrasi JNE (jne.co.id)
Tech

Cara Cek Resi JNE Secara Online

Rabu, 01 Juli 2020 11:52 WIB 01 Juli 2020, 11:52 WIB

Salah satu jasa ekspedisi yang terkenal di Indonesia adalah JNE. Setiap pengiriman barang melalui JNE pasti akan disertai dengan resi. Yuk kita bahas cara cek resi JNE!

Sebelum membahas cara cek resi JNE lebih lanjut, mari kita pahami dulu keunggulan layanan satu ini.

Bagi kalian yang suka membeli kebutuhan secara online maupun menjual barang secara online, kalian pasti akan selalu berhubungan dengan jasa ekspedisi.

Salah satu keunggulan layanan JNE adalah tersedianya pilihan paket pengiriman sesuai dengan kebutuhan yaitu YES, Reguler, dan OKE.

YES adalah singkatan dari Yakin Esok Sampai, dimana JNE menjanjikan pengiriman paket akan sampai pada tempat tujuannya dalam waktu 24 jam. 

Reguler adalah paket dengan waktu pengiriman 3-4 hari. Paket ini sering digunakan, karena biaya yang relatif murah.

OKE adalah paket dengan biaya paling murah, namun membutuhkan waktu sekitar satu minggu dalam proses pengirimannya. Paket ini sering dipilih bagi mereka yang ingin mengirim barang ke lokasi yang lebih jauh.

JNE sendiri saat ini menyediakan pilihan paket JNE Trucking buat kamu yang ingin mengirim barang dalam jumlah banyak atau berat. Ketentuan dari paket ini adalah minimal berat harus 10 Kg. Waktu pengiriman paket ini 3-4 hari.

Beberapa Cara Cek Resi JNE

Bagi kamu yang sering menggunakan layanan pengiriman JNE, kamu bisa mengecek status pengiriman melalui nomor resi yang terletak di bawah barcode. Bagaimana Caranya? Berikut ulasannya dirangkum Indozone:

1. Situs resmi JNE
 

Situs resmi JNE
Situs resmi JNE (jne.co.id)

Melalui situs resmi JNE, jne.co.id, kamu bisa mengecek status pengiriman barang melalui menu 'Lacak Kiriman' pada halaman beranda.

Kamu hanya perlu memasukkan nomor resi JNE, dan kamu akan secara otomatis mendapat informasi terkait destinasi, penerima barang, orang yang menerima, tanggal diterima, dan status pengiriman (delivered, on process, atau delay).

2. Dengan aplikasi MyJNE
 

Aplikasi MyJNE
Aplikasi MyJNE (play.google.com)

Aplikasi MyJNE diluncurkan oleh JNE untuk memudahkan kamu dalam pengecekan status pengiriman. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui Playstore.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah mendaftar, kamu bisa membuka menu My Shipment untuk mengecek status pengiriman. Kamu hanya perlu memasukkan nomor resi di kolom 'Search Air Waybill'.

Dengan aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengecek status pengiriman dengan menggunakan kamera smartphone kamu, dan menyorot barcode resi kamu.

Selain itu, aplikasi MyJNE juga bisa digunakan untuk mengecek biaya pengiriman pada menu My Tarif dengan memasukkan kota asal dan kota tujuan, serta berat barang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
jimmy
jimmy

Jimmy

Writer
JOIN US
JOIN US