The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Adopsi USB Type-C di Tahun 2022 Diprediksi Mencapai 50%, Mantap!
Dari kiri: USB Micro-B, Lightning, USB Type-C, dan USB Type-A (photo/Unsplash/Lucian Alexe)
Tech

Adopsi USB Type-C di Tahun 2022 Diprediksi Mencapai 50%, Mantap!

Rabu, 08 Juli 2020 14:50 WIB 08 Juli 2020, 14:50 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini penggunaan USB Type-C sebagai port untuk perangkat elektronik sudah mulai diterapkan banyak perusahaan terutama produsen smartphone. Apalagi penggunaan USB Type-C juga menghadirkan banyak fitur dan teknologi menarik seperti Fast Charging.

Baru-baru ini agensi riset Omdia mengungkapkan bahwa adopsi USB Type-C untuk menggantikan port lain seperti USB Type-A, USB Micro-B, dan bahkan port Lightning milik Apple akan meningkat seiring waktu berjalan.

Diprediksi bahwa pada tahun 2022 mendatang, akan ada setengah perangkat elektronik yang mendukung penggunaan USB Type-C untuk melakukan transmisi data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Port USB Type-C di smartphone Android
Port USB Type-C di smartphone Android (photo/Unsplash/Daniel Romero)

Sekedar informasi, USB Type-C sendiri merupakan jenis konektor baru yang hadir dengan jumlah pin sebanyak 24. Memiliki bentuk yang simetris, USB Type-C dapat dipakai secara bolak-balik.

Hanya saja sampai saat ini masih ada vendor yang belum menggunakan port tersebut mengingat harga dari penggunaan port ini tentu lebih mahal daripada penggunaan konektor jenis lain yang sudah umum digunakan selama bertahun-tahun.

Namun saat ini pemerintah di berbagai negara, contohnya Uni Eropa sudah mewajibkan produsen perangkat elektronik untuk menggunakan konektor USB Type-C demi mengurangi limbah elektronik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US