The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Foxconn Pindahkan Sebagian Produksi iPad dan MacBook dari Tiongkok ke Vietnam
Dua pekerja di tempat perakitan iPhone yaitu Foxconn di Tiongkok (photo/REUTERS)
Tech

Foxconn Pindahkan Sebagian Produksi iPad dan MacBook dari Tiongkok ke Vietnam

Pemindahan ini dilakukan untuk mengatasi kasus perang dagang

Jumat, 27 November 2020 08:49 WIB 27 November 2020, 08:49 WIB

INDOZONE.ID - Apple diketahui telah meminta Foxconn untuk memindahkan sebagian produksi dari produk iPad serta MacBook miliknya ke Vietnam. Dilaporkan oleh Reuters, dikatakan bahwa pabrik Foxconn di provinsi Bac Giang bakal mulai memproduksi iPad dan MacBook di paruh pertama tahun depan.

Diketahui bahwa salah satu alasan mengapa Apple ingin Foxconn untuk memindahkan sebagian produksi perangkatnya dari Tiongkok adalah demi menghindari masalah perang dagang AS-Tiongkok yang saat ini masih belum selesai.

Baca Juga: Apple Minta Foxconn Rp14 Triliun untuk Bangun Pabrik iPhone di India?

Maka dari itulah Apple tidak mengambil resiko dan memindahkan sebagian produksi perangkatnya ini ke Vietnam sehingga jika sampai ada masalah yang membuat produksi iPad dan MacBook di Tiongkok terhambat, ada pabrik Foxconn di Vietnam yang siap membantu memproduksi perangkat tersebut.

Logo Foxconn terlihat di kantornya di Taipei, Taiwan
Logo Foxconn terlihat di kantornya di Taipei, Taiwan (photo/REUTERS/Tyrone Siu)

Selain itu belum diketahui model iPad dan MacBook yang akan diproduksi di Vietnam. Selain itu juga tak diketahui berapa porsi yang nantinya dipindahkan oleh Apple dari Tiongkok. Namun Foxconn saat ini berencana untuk melakukan investasi senilai US$270 juta di Vietnam untuk memperbesar pabriknya.

Baca Juga: Takut Kerja Karena Virus Corona, Pekerja di Foxconn Dirayu Uang Bonus!

Sebelumnya pabrik Foxconn di Vietnam ditugaskan untuk memproduksi AirPods Pro pada awal tahun lalu. Namun memproduksi iPad dan MacBook tentu akan menjadi tantangan baru untuk Foxconn di Vietnam.

Sekedar informasi, saat ini Apple sendiri juga sudah mulai memproduksi produk lain buatannya seperti iPhone di India. Tampaknya Apple memang sangat ingin produk buatannya agar tidak diproduksi dari Tiongkok dalam jumlah yang besar lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US