The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hoax WhatsApp Gold dan Virus Martinelli Kembali Mencuat
Ilustrasi logo WhatsApp. (Freepik)
Tech

Hoax WhatsApp Gold dan Virus Martinelli Kembali Mencuat

Sabtu, 30 Januari 2021 17:37 WIB 30 Januari 2021, 17:37 WIB

INDOZONE.ID - Hoax lama yakni WhatsApp Gold dan Virus Martinelli kembali mencuat di beberapa grup WhatsApp. Disebutkan bahwa ada video bernama Martinelli yang bakal disebar lewat WhatsApp.

Para pengguna diminta untuk tidak membuka video tersebut karena bisa mendatangkan virus. Disebutkan bahwa virus itu hadir berbarengan dengan WhatsApp Gold. Lalu apa kedua itu?

Dikutip dari berbagai sumber, ternyata keberadaan WhatsApp Gold dan Virus Martinelli hanyalah hoax belaka yang sudah beredar sejak dulu. Bahkan WhatsApp sendiri pernah membahasnya di website resmi mereka.

Mereka mengatakan bahwa WhatsApp Gold yang kabarnya menghadirkan fitur khusus untuk para pengguna, tak dikembangkan oleh WhatsApp yang mana mereka juga menegaskan kepada para pengguna untuk tidak menginstall aplikasi WhatsApp di situs yang tidak resmi selain di Google Play Store atau App Store.

Mereka juga membahas tentang video Martinelli yang kabarnya bisa menginfeksi ponsel. Ternyata virus tersebut sebenarnya tak ada dan memang hanya hoax belaka.

Firma Keamanan Siber Sophos sudah mengimbau agar pengguna WhatsApp tidak mem-forward atau meneruskan pesan berisikan WhatsApp Gold dan Video Virus Martinelli. Tujuannya agar tak bikin cemas dan bingung pengguna lain, sekaligus meredam potensi kehebohan.

Menurut firma tersebut, para pengguna paling tidak bisa mengantisipasi sendiri ancaman keamanan di smartphone-nya dengan cara senantiasa melakukan pembaruan keamanan resmi di ponsel dan cuma men-download aplikasi dari tempat resmi.

Artikel Menarik Lainya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US